oleh

MIRIS, Sudah Empat Hari Berada di Sulut, Penjabat Gubernur Masih Menginap di Hotel?

Topiksulut.com, SULUT – Sungguh miris, sudah empat hari sejak 22/9/2015 hingga hari ini Jumat 25/9/2015 Penjabat Gubernur DR. Soni Sumarsono MDM yang sudah resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tjhajo Kumolo di kantor Kemendagri RI jalan Medan Merdeka Utara No 7 Jakarta Pusat gedung C , Senin (21/09/2015) lalu,   dengan kewenangan penuh sesuai dengan isi SK Presiden Jokowi tersebut, sudah seharusnya sudah menempati rumah dinas Gubernuran di Bumi Beringin Manado, kini masih menginap disalah satu hotel di kota Manado bersama keluarganya.

Situasi seperti ini tentu melahirkan berbagai tanggapan dari berbagai elemen masyarakat, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta pengamat politik dan pemerintahan.

Sementara Asisten Administrasi Setdaprov Sulut Christiano Talumepa SH, ketika dikonfirmasi mengatakabn bahwa alasan mengapa Penjabat gubernur belum bisa menempati rumah dinas Gubernuran dikarenakan saat ini rumah dinas sedang dalam tahapan renovasi.

“Ya memang saat ini belum bisa ditempati karena sedang dalam tahap renovasi, sebab ada beberapa bagian ruangan yang perlu diperbaiki, mungkin satu atau dua minggu ke depan baru bisa ditempati,”jelas Talumepa,.

Menanggapi penjelasan Asisten Administrasi Setdaprov Sulut Christiano Talumepa SH , pengamat politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka kepada Topiksulut.com mengatakan bahwa apapun alasannya, sudah sewajibnya sejak jauh-jauh hari sebelum dilakukan Sertijab oleh Mendagri  , Pemprov Sulut sudah menyiapkan Rumah Dinas (Rudis) atau rumah jabatan yang layak bagi penjabat Gubernur Sulut, karena jika ditinjau masih banyak rumah dinas di bilangan Bumi Beringin yang masih kosong.

”Ya,  sudah seharusnya sebelum sertijab sudah ada persiapan dari pihak pemprov sulut terkait rumah dinas Penjabat Gubernur, karena ini sudah menyangkut kewibawaan jabatan, dan harus dicatat bahwa Penjabat Gubernur tersebut sudah diberi kewenangan penuh sebagai penjabat gubernur Sulut melalui SK Presiden RI Joko Widodo, dan terakhir, Pak Sumarsono ini juga adalah Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri yang dari tangannya keluar rekomendasi Daerah Otonomi Baru (DOB),”sesalnya.

Lebih lanjut, celotehan serupa pun keluar dari kalangan awak media yang mengatakan bahwa hal tersebut bisa-bisa saja terjadi mungkin karena Pak Sumarsono dahulu merupakan bawahan dari DR. Sinyo Harry Sarundajang ketika beliau masih menjabat sebagai Inspektur Jendral (Irjen) Depdagri RI.

Sedangkan Penjabat Gubernur Sulawesi Utara DR. Soni Sumarsono MDM sendiri saat dimintai tanggapannya terkait hal tersbeut, terlihat tersenyum kecut.

”hahaha, Tidak apa-apa kok, lagipula sesuai informasi rumah dinas gubernur sementara diperbaiki, ya kan malah lebih enak tinggal di hotel, kan kalau butuh sesuatu tinggal telpon saja (sambil tertawa kecil). ,”jawabnya santai usai acara silahturahmi Idul Adha di Graha Bumi Beringin Manado, Kamis (24/09/2015).

Reporter : Christian Maseo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed