Bertolak ke Miangas, Gubernur Bawa Bantuan Sekaligus Perkuat Garis Pertahanan RI di Pulau Terluar

Topiksulut.com, POLITIK / PEMERINTAHAN – Bertolak te Pulau Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud pagi ini (Selasa 3/05/2017), Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE bersama Sekdaprov Sulut Edwin Silangen SE MS dan unsur Forkopimda Sulut serta para pejabat terkait bakal bawa bantuan ke pulau terluar Provinsi Sulut.

Adapun kunjungan kerja Gubernur Sulut kali ini sesuai jadwal, dilaksanakan guna memperkuat lini pertahanan perbatasan NKRI di pulau Miangas Kabupaten Talaud dengan Negara tetangga Filipina yang saat ini sedang bergejolak lantaran genjatan senjata yang terjadi akhir-akhir ini antar kelompok radikal yang disinyalir adalah kelompok besutan ISIS dengan kelompok militer filipina.

“Hal ini untuk menjaga keutuhan NKRI, dan menjaga garis terluar NKRI, apalagi pulau miangas merupakan batas negara Indonesia dengan Filipina, jadi jangan sampai ada penyusup”, ungkap Gubernur (Senin 30/05/2017) kemarin sore dilobby kantor Gubernur Sulut ketika diwawancarai sejumlah awak media.

Diketahui genjatan senjata yang terjadi antara kelompok radikal dengan militer Filipina dikota Marawi  yang belakangan diketahui merupakan kota kelahiran Presiden menjabat Filipina (Duterte) tersebut ditakutkan akan berimbas ke wilayah pemerintahan Republik Indonesia, khususnya Sulawesi Utara melalui pulau Miangas.

“Kami akan perkuat garis pertahanan Indonesia di Miangas, terutama Polsek dan Koramil Miangas, makanya unsur Forkopimda dalam hal ini Pak Kapolda, Pangdam XIII/merdeka dan Danrem serta instani terkait lainnya dilibatkan dalam kunjungan ini”, tutup Gubernur.

Dijadwalkan, Gubernur bersama rombongan bakal melaksanakan rapat dengan pemerintah dan aparat setempat dalam kunjungan kali ini sekaligus menyerahkan bantuan berupa beras, Mie Instan, obat-obatan, Susu, MP Asi dan makanan tambahan untuk anak sekolah dan beberapa bantuan lainnya dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut, Dinas Sosial (Dinsos) Sulut, yang akan diserahkan langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey SE. (Chris)