Danrem 131/Santiago Terima 3 Pucuk Senjata Dari Dandim 1302/Minahasa

Manado158 Dilihat

TopikSulut.com, MANADO – Komandan Kodim 1302/Minahasa, Letkol Inf Juberth Nixon Purnama STh
menyerahkan 3 pucuk senjata jenis laras panjang kaliber 2,2 mm kepada Komandan Korem 131/Santiago, Brigjen TNI Sabar Simanjuntak SIP., MSc. pada saat upacara 17 di lapangan Makorem, Senin (17/7/2017).

Senjata tersebut berasal dari masyarakat yang diserahkan langsung kepada serda Ginting Babinsa Kodim 1302/Minahasa.

Dalam acara penyerahan itu Danrem mengatakan senjata tersebut memang tidak tergolong sebagai senjata api dan senjata ini biasanya dipergunakan oleh seorang pilot pesawat tempur apabila pesawatnya, jatuh senjata ini digunakan untuk melindungi diri dari hewan buas, namun dalam jarak tertentu bisa mematikan juga apabila untuk menembak musuh.

Baca juga:  KPN Simarmata Terkesan, Perhatian Hingga Antar Anak anak Barthomeus ke Bus #HUT49KPN

“Perlu kita ketahui bersama, bahwa Penyerahan Senjata yang berlangsung pada pagi hari ini, merupakan bentuk kepedulian dari Komandan Kodim 1302/Minahasa dan jajarannya dalam melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh sehingga apa yang diharapkan dari Komando Atas dalam menyelesaikan permasalahan di wilayahnya dapat tercapai,” ujar Danrem dalam amanatnya pada upacara tersebut.

Lebih lanjut Danrem mengatakan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki perairan yang luas dan berbatasan langsung dengan negara tetangga serta memiliki sumber daya alam yang sangat potensial. Namun hal tersebut sekaligus juga berpotensi menimbulkan berbagai permasalahan, baik yang berkaitan dengan bidang pertahanan, hukum, ekonomi maupun keamanan.

Dari berbagai permasalahan tersebut, yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah kemungkinan terjadinya penyelundupan senjata api dan lintas batas antar warga negara terutama orang yang mempunyai
tujuan tertentu yang sangat mungkin merugikan stabilitas keamanan dalam negeri Indonesia.

Baca juga:  Jurnalis Meja Hijau PN Manado Terbentuk, Jack Wullur Terpilih Ketua

“Salah satu tugas negara yang diemban oleh Korem 131/Santiago adalah mengamankan wilayah Provinsi Sulawesi Utara termasuk pulau-pulau terluar NKRI serta wilayah perairan yang berbatasan langsung dengan negara Philipina, antara lain pulau Miangas, Marore, Marampit, Matutuang, Kawaluso dan Tinakareng,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala staf Korem 131/Santiago, para Kepala seksi Korem, serta Dan/kasatdisjan rem 131/Santiago.

(Bhansu)