Canda Tawa Tercipta Saat SAS Jamu Wartawan Online Sulut

TOPIKSULUT.COM,  TOMOHON-Canda tawa tercipta saat Wakil Wali Kota Kota Tomohon, Syerly Adelin Sompotan (SAS), menjamu Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulut di bawah pimpinan Ketua DPW Victor Rarung, Sekretaris Jane Rondonuwu, Bendaha Lusy Loindong, Ketua OKK Vanny ‘Maimosa’ Loupaty, dan beberapa pengurus lainnya, serta jajaran DPD IWO Mitra di bawah pimpinan Ketua Noldy Pangkerego, Wakil Ketua Ruland Sandag, Ketua OKK Reagen Pantow, Sekretaris Stenly Kalumata, Bendahara Inri Rambi serta didampingi pengurus lainnya, bahkan pengurus DPD IWO Kota Tomohon yang baru saja terpilih usai Musda, Kamis (31/8), kemarin.

Pertemuan yang awalnya tak terencana ini, bak seorang ibu yang sudah lama tak bertemu anaknya. Suasana kekeluargaan betul-betul nampak dalam pertemuan antara para pemburu berita ini dengan salah satu pejabat negara di daerah yang sangat familiar ini.

Pertemuan yang sangat akrab ini, berlangsung di rumah dinas SAS. Setelah kurang lebih satu jam sharing bersama, wakil kepala daerah yang aktif dalam pelayanan gereja ini pun mengajak DPW IWO Sulut, IWO Mitra dan Kota Tomohon menuju ke salah satu Restourant ternama di Tomohon.
Dalam suasana makan malam itu, SAS pun banyak memberikan arahan pada wartawan terkait tugas-tugas di lapangan sesuai kode etik jurnalis. “Saya berharap wartawan online bisa memberikan sebuah pemberitaan yang objektif dan sesuai fakta yang terkonfirmasi,” ajak pejabat daerah perempuan yang dikenal berjiwa sosial tinggi ini.

Bukan hanya itu, SAS berharap pekerja pers di Nyiur Melambai, untuk bisa menunjukkan peran penting dalam menunjang kemajuan daerah. “Maka sajikanlah berita yang benar tidak hoax (bohong, red). Dan marilah pers menyebarluaskan informasi pemerintahan, pembangunan dan prestasi kemasyarakatan lainnya ke seluruh rakyat,” tandas wanita cantik ini yang mulai digadang menjadi Penatua Remaja Sinode GMIM.

Sontak saja, sharing ini disambut baik pengurus IWO. Ruland Sandag, pengurus IWO Mitra, mengatakan, sikap yang ditunjukkan SAS saat menjamu para jurnalis, menunjukkan kepedulian serta dukungan pada media. “Jarang sekali kami menemui pejabat publik, apalagi sebagai wakil wali kota yang bisa menjamu wartawan penuh keakraban seperti ini. Apalagi kami datang dari daerah lain, tapi ini diterima dengan sangat baik. Ini sungguh luar biasa, dan kami IWO Mitra memberikan apresiasi khusus,” ucap Sandag.

Ketua Jurnalis Minahasa Tenggara (JMT) yang telah mendapatkan dukungan Bupati Mitra James Sumendap SH untuk menjadi Ketua KNPI Mitra dalam waktu dekat ini, menambahkan, SAS dalam amatannya menjadi satu-satunya wakil kepala daerah di Sulut yang memiliki hubungan emosional tanpa batas dengan insan pers. “Ini sangat mahal, dan perlu ditiru pejabat publik lainnya,” tanggap Sandag, jurnalis senior Mitra ini.

Sebelumnya memang, SAS sempat mengatakan, dirinya tak pernah berhenti membantu setiap orang yang datang bertemu dengannya. Apalagi media. “Saya juga besar dan lahir bersama media. Maka, tidak mungkin saya tak peduli. Sedangkan orang yang saya tidak kenal dari mana, tapi dia datang meminta tolong saya bantu. Karena ini komitmen saya dalam pelayanan saya,” ujar SAS, disela-sela percakapan yang tak formal itu.

Diakhir makan malam bersama, politisi andal partai Golkar Sulut, yang kini dipercaya sebagai Bendahara DPD Golkar Sulut ini, menyatakan pertemuan ini bukan yang terakhir. “Saya berharap kita bisa terus bertemu, tinggal lihat dimana tempatnya. Dan kalau teman-teman IWO Mitra ada kesempatan tanggal 5 September ada beberapa acara di Tomohon, seperti ada Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) dan pesta rakyat. Datang ya,” tutup SAS. (egen)