Korem 131/Santiago Tanam Padi Perdana di Kabupaten Mitra

TopikSulut.com, MANADO – Korem 131/Santiago melakukan tanam perdana dalam program cetak sawah baru di Desa Esandom, Kecamatan Tombatu Timur, Minahasa Tenggara, Rabu (6/9/2017).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan cetak sawah baru yang pernah dilakukan sebelumnya di tempat yang sama dicanangkan cetak sawah baru sekitar dua bulan oleh Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigadir Jendral TNI Sabar Simanjuntak.

Danrem 131/Santiago dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para kelompok tani desa Esandom yang turut membantu membuka pencanangan cetak sawah baru sekitar dua bulan yang lalu dan pada hari ini juga turut melaksanakan penanaman padi perdana di sawah yang baru.

“Pada hari ini saya juga diundang untuk melaksanakan penanaman padi perdana di sawah yang baru dicetak dan selaku Komandan Korem bangga kepada para petani yang begitu antusias menanami sawah yang baru ini,” ujar Danrem.

Selanjutnya menurut Danrem, pemerintah akan terus berupaya untuk mensejahterakan para petani, baik itu pemilik lahan maupun  petani penggarap, oleh karena itu mantapkan koordinasi dengan dinas pertanian, para mantri tani atau penyuluh pertanian, para Danramil dan babinsa serta kelompok-kelompok tani yang ada, agar program swasembada pangan dapat dicapai.

Baca juga:  Hari ini, Rekomendasi Pemecatan Empat Kader PDIP Mitra Segera Dibawah ke DPP

“saya berharap kepada para petani, sawah yang sudah kita cetak dan hari ini kita tanami, harus terus berfungsi sebagai sawah dan terus ditanami, jangan dialih fungsikan, sebab sektor pertanian di Indonesia adalah merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi penduduknya oleh karena itu bila petani berhenti menanam maka rakyat kita pasti akan merasakan dampaknya,” pungkasnya

Di tempat yang sama, Bupati Minahasa Tenggara, James Sumendap SH, dalam sambutannya mengatakan bahwa para petani patut berbangga hati sebab kegiatan pertanian di tempat ini dihadiri oleh Komandan Korem 131/Santiago yang terus memberikan perhatian terhadap seluruh kegiatan pertanian.

“oleh karena itu saya mengajak kepada seluruh petani yang berada di kabupaten Mitra agar bersungguh sungguh menjadi petani, jangan kita hanya menjadi penerima raskin, sebab bila kita terus menerus menerima raskin maka sudah bisa di pastikan bahwa program pertanian ini belum sukses,” ujar Sumendap

Baca juga:  Peduli Bencana Palu-Donggala, Wabup Mitra Jocke Legi Turun Langsung Bersama KNPI dan JMT

Selesai acara tatap muka dengan para petani, Danrem 131/Santiago menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani secara simbolis berupa Hand Traktor dan dilanjutkan dengan penanaman perdana pada sawah yang baru saja dicetak diikuti oleh Forkopimda kabupaten Minahasa Tenggara.

Turut hadir pada acara tersebut, Dandim 1302/Minahasa, Letkol Inf Juberth Nixon Purnama S.Th, Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH, Asisten satu kabupaten Mitra Gotlieb Mamahit, Kadis pertanian kabupaten Mitra Ir Elly Sangian ME, Kadis perhubungan Bernat Mokosandi SE, Kapenrem 131/Santiago Mayor Inf Fathan Ali, Pasi Wanwil Korem 131/Santiago Mayor Arh Ahmad Janis, Kapolsek Tombatu, Plh Danramil Tombatu Pelda Ferry Mewengkang serta tamu dan undangan lainnya. (Bhs)