Gubernur : Pemimpin Gereja Harus Paham Pancasila

Topiksulut.com, POLITIK/PEMERINTAHAN – Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, menghadiri acara Seminar SAG (Sinode Am Gereja-Gereja) Sulawesi Utara dan Tengah di Graha Gubernuran Sabtu (16/9/2017) Kemarin.

Dalam sambutan Gubernur mengatakan , atas nama Pemerintah dan Masyarakat Sulawesi Utara serta selaku pribadi saya menyampaikan terima kasih kepada panitia, peserta (SAG) Sulutteng dan merespon positif pelaksanaan kegiatan acara seminar tentang, Pentingnya mempertahankan Pancasila dan Negara Kesatuan Indonesia , karena jangan sampai lambang negara kita yaitu Pancasila dilupakan, kata Gubernur Olly.

Berkaitan dengan 4 Pilar Kebangsaan adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, memiliki kedudukan yang sederajat, akan tetapi setiap pilar memiliki tingkat fungsi dan konteks. Pilar Pancasila, sebagai Dasar dan idiologi negara, Pilar Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi negara serta ketetapan MPR RI, Pilar NKRI sebagai bentuk Negara dan Pilar Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara, dengan demikian Pancasila sebagai idiolog negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,

Baca juga:  Ibu Rita Maya Dondokambey Tamuntuan Terima Penghargaan Bunda PAUD

” Jangan pimpinan gereja tidak paham Pancasila,sehingga menafsir dan menerjemahkan yang salah kepada jemaat, pimpinan gereja harus paham akan Pancasila dan harus bersinergi dengan pemerintah menerangkan kepada masyarakat tentang bagaimana hidup berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI karena pemerintah wakil Allah di dunia”, Tegas Gubernur

Pentingnya idiologi karena merupakan sebuah meja statis sebagai dasar pijakan yang terdiri dari elemen yang ada pada jiwa bangsa, dan merupakan sebuah leitstar dinamis, sehingga idiologi menjadi penuntun arah berbangsa dan bernegara,” ujar Gubernur.

“Kedepan kita akan mengelar kongres pancasila yang akan di prakasai oleh SAG (Sinode Am Gereja) Sulutteng dan akan dihadiri pemimpin-pemimpin bangsa kita serta kita tetap bersatu dalam tekad dan komitmen untuk menggelorakan dan meneguhkan semangat pencasila mempatrikan dalam diri kita , saya adalah Indonesia, saya adalah Pancasila, sehingga nilai-nilai norma dan sikap idialisme bangsa tidak terkikis dan tetap terjaga, ” tutup Olly.

Baca juga:  Wagub Ikut Bersyukur Atas HUT ke-75 Tahun Pdt Yvone Awuy-Lantu

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Ir Roy Roring M.Si mengatakan, tujuan kegiatan ini agar gereja-gereja yang menjadi anggota SAG Sulutteng tidak terpecah pecah, dan semakin mewujudkan keesaan gereja sebagaimana tujuan PGI yaitu, menghadirkan gereja Kristen yang esa di Indonesia untuk dapat mengambil bagian dalam pembangunan bangsa mempertahankan Pancasila dan Keutuhan NKRI, demi kesejahteraan jemaat dan masyarakat pada umumnya, kata Roring

Turut hadir dalam acara ini MPH PGI Pdt Jeiri Sumampow S.Th, Sekjen SAG Sulutteng Pdt. Lamberti Mandagi M.Th, 13 ketua Sinode SAG Sulutteng, ketua STAKN Manado Pdt DR. Jeane Tulung M.Pd. (Chris)