Pansus Ranperda Revisi Retribusi Gelar Pembahasan Bersama Eksekutif

Topiksulut.com,Manado – Dalam rangka menggenjot Pendapatan asli daerah kota Manado, DPRD Kota Manado membentuk Panitia Khusus (Pansus) terkait Revisi Retribusi Jasa Umum. Dalam pembentukannya, Anita de Blouwe dari Fraksi Demokrat terpilih menjadi Ketua Panitia Khusus.

Panitia Khusus (Pansus) Ranperda tentang revisi retribusi jasa umum, langsung menggelar pembahasan bersama eksekutif, bertempat di Ruang rapat paripurna DPRD Kota Manado dan dipimpin langsung Ketua Pansus Anita D’Blouwe didampingi Wakil Ketua, Lineke Kotambunan Sekretaris serta Anggota Pansus lainnya, Selasa (24/10/2017).

Dari pihak Pemerintah Kota Manado tampak hadir Kepala Badan Lingkungan hidup Kota Manado Yohanis Waworuntu, Kabag Hukum Budi Paskah Yanti Putri SH MH, Kasub Infokom Franky Mocodompis serta sejumlah ASN dilingkup Pemkot Manado yang terkait dengan Ranperda tersebut dan perwakilan dari Dinas Perhubungan Kota Manado.

Revisi Retribusi Jasa Umum ini sendiri perlu dilakukan karena saat ini untuk setoran ke kas daerah dari potensi tarif retribusi masih menggunakan tarif lama padahal di lapangan sudah ditagihkan menggunakan tarif yang baru secara sepihak oleh pelaku penarik retribusi.
“Ini merupakan salah satu cara yang tepat agar masyarakat membayarkan retribusi yang sesuai dengan apa yang disetorkan ke kas daerah. Selama ini, banyak pengelola yang sudah menggunakan tarif sendiri tapi yang disetor ke daerah masih gunakan perhitungan tarif lama,” kata Ketua DPRD Kota Manado Noortje Van Bone.
Selain SKPD juga nantinya akan diundang Perusahaan Daerah milik Pemerintah Kota Manado seperti PD Pasar, PD Air Minum dan beberapa lainnya juga ikut dipanggil dalam rapat pembahasan ini. (Adv)