LPS Jamin Dana Nasabah di Bank Aman

Topiksulut.com,SULUT—Senior Executive Vice President LPS, Suharno Eliandy mengatakan masyarakat jangan ada kekhawatiran akan dananya yang ada di perbankan, dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjamin dana nasabah di Bank , aman dan tidak beresiko hilang. Bukan hanya itu saja , LPS juga turut akif dalam menjaga stabilias sistem perbankan sesuai kewenangan.

“Ada regulasi yang sudah diatur terkait dengan LPS, dan Bagaimana proses penjaminan terhadap nasabah, yang pasti dana milik masyarakat di Bank akan dijamin, “ ujarnya saat media gathering di Sintesa Peninsula, Senin (30/10).

Menurutnya lembaga ini, sampai dengan Tahun 2017 memiliki saving dana sebesar Rp86 Triliun. Jumlah ini terus mengalami peningkatan seiring dengan kian banyaknya Pihak bank yang ikut dalam kepesertaan LPS.

“Dimana dalam jumlah tersebut, dikembangkan melalui investasi di surat berharga hasilnya Rp4 triliun. Sedangkan untuk operasional sampai dengan September 2017 sebesar Rp1,1 triliun. Idealnya jumlah dana yang ada di LPS sebesar 2,5 persen dari DPK perbankan. Namun sampai dengan saat ini cukup kuat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, ketua Persatuan Bank Perkreditan Indonesia (Perbarindo) Sulut dan Gorontalo, Denny Senduk mengatakan peran LPS sangat penting perbankan. Sebab jika bank telah dijamin lembaga tersebut, simpanan uangnya terjamin.

“Jadi, peran dari LPS sangat penting untuk penjaminan nasabah, menyimpan uang,” ujar Senduk sembari menambahkan sampai saat ini 75-80 persen anggota Perbarindo Sulut dan Gorontalo telah masuk dalam penjaminan LPS. Sehingga nasabah yang menyimpan uangnya dijamin oleh LPS, jika terjadi sesuatu hal.(ely)