Diprakasai Ketua TP-PKK Sulut, Dinkes Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks

Topiksulut.com, POLITIK/PEMERINTAHAN – Cegah kanker serviks, berbagai usaha dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk mencegah penyakit tersebut menyebar di Sulut.

Hal itu juga terlihat pagi tadi (03/11/2017) dihalaman kantor Gubernur saat Ketua TP-PKK Sulut Ir. Ritha Maya Dondokambey Tamutuan memprakasai kegiatan pemeriksaan deteksi kanker serviks IVA melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sulut.

Ketika ditemui diruang kerjanya, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dr Debie Kalalo M.Kes mengatakan bahwa kegiatan ini masih merupakan rangkaian dari pencanangan kegiatan HKN ke 53 di Sulut.

“Ada banyak rangkaian kegiatan yang akan kami lakukan, dan pemeriksaan deteksi kanker serviks melalui IVA yang diprakarsai oleh ketua TP-PKK Sulut Rita Dondokambey Tamuntuan merupakan salah satunya”, jelas dr Debie.

Lanjut dr Debie, dalam rangka menuju Indonesia Sehat, bukan hanya balita, perempuan tapi laki-laki juga harus lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, karena seperti tema kali ini yakni keluarga sehat.

“Indonesia sehat itu siapa, Sulut itu siapa, semua adalah masyarakat Sulawesi Utara. Jadi semua kita berperan penting, bukan hanya orang kesehatan, tapi apapun anda punya peran, seperti kalian wartawan,” ucapnya.

Tak lupa juga dr Debie pun meminta kepada perempuan yang ada di daerah ini dibawah umur 30 tahun yang sudah menikah dan umur diatas 30 tahun dapat memeriksakan diri.

“Karena kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang mematikan bagi perempuan,” ucapnya.

dr Debie menambahkan dari pemeriksaan deteksi kanker serviks melalui IVA target bersama TP- PKK di 2019 harus seratus persen.

“Dan kita akan berupaya untuk mencapai itu secara bersama dengan TP-PKK dan organisasi kesehatan masyarakat lainnya,” tandasnya.

Diketahui yang sudah memeriksakan diri ada sekitar 4,8 persen dari Kab/Kota yang ada di Sulut. (Chris)