Muluskan Perjanjian Bilateral RI-China, Jokowi Utus James Sumendap 

TOPIKSULUT.COM, MITRA -Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terus memberikan perhatian serius pada kemampuan Bupati Mitra James Sumendap SH.

Memiliki segudang pengalaman dan daya loby yang kuat, sepertinya menjadi catatan orang nomor satu di negeri ini bagi JS.

 

Buktinya, Jokowi pun mendaulat orang nomor satu di Mitra ini menjadi delegasi dalam memuluskan hubungan bilateral antara Indonesia dan China.

 

Didampingi beberapa pejabat penting, JS melakukan pembahasan intensislf dengan pihak China.

 

Dalam rillis atau informasi yang diberikan ke media, Sumendap menyebut, substansi pertemuan ke dua negara ini, yakni menindaklanjuti pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan Presiden RRT Xi Jinping.

 

Dimana pemerintah Indonesia diundang oleh CDB (China Development Bank) Bank Pembangunan China untuk pertemuan tingkat tinggi antar kedua negara bertempat di kantor pusat CDB di Beijing.

 

“Dalam pertemuan ini membahas percepatan implementasi pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui program GMF (Global Maritime Fulcrum) dan BRI (Belt Road Initiative),” ujar JS.

 

Lebih lanjut bupati yang kembali dipastikan akan maju sebagai calon bupati 2018, menyebut beberapa agenda yang dibahas, seperti prospek kerjasama bidang ekonomi dan perdagangan, pembangunan infrastruktur serta bidang keuangan.

“Selanjutnya agenda pertemuan kerjasama investasi,” tulis Sumendap lewat pesan Whatsap.

 

Hadir dalam High Level Meeting RRT dan RI, lanjut Sumendap, CEO dari CDB, Experts, dan pejabat pemerintah RRT.

 

“Delegasi RI terdiri dari para Deputi Kementerian terkait, Kemenko Maritim, BKPM, Bappenas, Perhubungan, Kementerian Perdagangan dan Perindustrian, Gubernur Sulut, Gubernur Bali, dan Gubernur Kalimantan Utara, Dubes Indonesia untuk Tiongkok, serta GM BUMN, Pelindo dan Angkasa Pura. Sementara Gubernur Sulut menugaskan saya, Asisten Administrasi Umum Setda Prov Sulut Royke Roring, Karo Ekonomi dan SDA Franky Manumpil, dan Direktur PDPS Vonny Paat utuk mengikuti pertemuan dengan CDB di Beijing,” jelas Sumendap.

 

Sementara itu, kepercayaan Jokowi bagi Sumendap menghadiri acara yang sangat strategis ini, medapatkan apresiasi dan support dari pemuda di Mitra.

Polce Lontaan SE, salah satu tokoh pemuda Mitra, saat bersua dengan wartawan Topik Sulut, mengatakan, rasa bangganya atas kepercayaan orang nomor satu di NKRI bagi JS.

 

“Tidak semua kepala daerah dapat kepercayaan seperti ini, maka sebagai pemuda dan warga Minahasa Tenggara saya sangat terharuh dan sungguh bangga,” papar Lontaan.

Ketua KNPI Kecamatan Pusomaen ini, menambahkan, proses dipilihnya James Sumendap dalam agenda besar ini, pasti ada penilaian pemerintah pusat.

 

“Saya yakin kalau pak JS masuk dalam delegasi RI, berarti beliau (JS, red) memiliki kemampuan untuk bisa memperjuangkan kepentingan Indonesia di China,” yakin Polce.

Untuk itu, putra Pusomaen yang mulai digadang maju Calon Ketua KNPI Mitra ini, menyebut, kehadiran JS ke China pasti akan memberikan efek besar untuk Mitra.

“Saya juga optimis ada kontribusi di berbagai bidang terjadi di Mitra. Bukan tidak mungkin ada investor yang datang ke daerah kita tercinta. Dan saya yakin pak bupati sudah melakukan itu. Makanya saya berharap seluruh pemuda di Mitra untuk terus bersatu mendukung pemerintahan JS. KNPI Mitra saya imbau untuk terus merapatkan barisan kawal pemerintahan Pak JS,” pesan Lontaan. (reagen).