Sompotan Membuka Kegiatan Sosialisasi POKDAKAN Sekaligus Pengukuhan Madya Kamang Rondor dan Lumaney

Topiksulut.com, Tomohon_ Bertempat di gedung Balai benih kelurahan woloan 1 kecamatan (30/11/2017)  dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Cara Budidaya Ikan yang Baik (POKDAKAN).

 

(CBIB) Bagi Kelompok Pembudidaya Ikan 2017 dengan jumlah peserta 30 orang yang hadir dan merupakan utusan dari sejumlah Pokdakan di Kota Tomohon.

 

Hadir Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE.Ak yang di wakili Wakil walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan dan membuka kegiatan tersebut secara langsung. Wakil Walikota Tomohon Syerli Adelyn Sompotan dalam Sambutan mengatakan bahwa cara budidaya yang baik adalah cara memelihara dan membesarkan ikan dengan baik dan memanen ikan dalam lingkungan yang terkontrol. Sehingga memberikan jaminan keamanan pangan dari pembudidayaan dengan memperhatikan Sanitasi,Benih,Pakan,Obat Ikan,Bahan Kimia dan Bahan Biologis.

 

“Tujuannya adalah untuk menjamin mutu  dan keamanan pangan hasil pembudidayaan ikan”,tandasnya.

 

Pada kesempatan yang sama,Sompotan membuka sekaligus Mengukuhan Kelompok Budidaya Ikan(Pokdakan) Madya Kamang Rondor dan Lumaney di aula gedung 2 balai benih Woloan 1, menyampaikan rasa bangganya dengan capaian yang diraih 2 Pokdakan yang berhasil meningkatkan status dari Pokdakan Pemula menjadi Madya.

“Pengukuhan atau pengakuan terhadap kelembagaan pelaku usaha dalam hal ini Pokdakan adalah bentuk penghargaan atas karya yang telah dicapai oleh 2 kelompok Pokdakan. Hal ini bertujuan agar dapat menumbuh kembangkan atau mevotifasi yang lebih besar,lebih giat dan efektif dalam usaha meningkatkan produksi perikanan”,Pungkasnya.

 

Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Ir.Vonny Pontoh saat didampinggi Kabid Perikanan  Paulus Mumek.SPi mengharapkan kepada seluruh peserta Sosialisasi Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) di Kota Tomohon Tahun 2017 ini, agar hasil dari kegiatan sosialisasi ini,selain sebagai dasar dalam mengembangkan cara pengelolaan ikan yang baik,juga dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk kegiatan selanjudnya.

 

Terpisah,Kasie perikanan Dinas Pertanian dan Perikanan Tomohon Vinzentia Pontoh,SP yang diketahui turut serta memfasilitasi pengembangan Pokdakan di kota Tomohon,sekaligus masuk dalam  Proyek Perubahannya dalam Mengikuti Diklat PIM IV Angkatan XI menyampaikan terima kasih kepada tim penyuluh dan pokdakan Kamang rondor dan Lumaney yang telah memberikan hasil membanggakan dengan mampu meningkatkan status Pokdakan Pemula menjadi Madya.

 

“Saya bangga dengan capaian yang diraih pokdakan Kamang Rondor dan Lumaney yang untuk pertama kali di Kota Tomohon mendapatkan statis pokdakan madya. Hal ini tidak lepas dari kerja sama dan kerja keras bersama”,katanya.

 

(C.M)