Pemkot Tomohon ke Praha Ceko? Ternyata ini Alasannya!

Tomohon86 Dilihat

Topiksulut.com, Tomohon_ Berbagai program Pemerintah Kota Tomohon disosialisasikan dalam kunjungan kerja yang dilakukan Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak bersama Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Bambang Waskito serta beberapa pejabat jajaran Pemkot Tomohon, di Praha Ceko.

Dalam rangkaian kunjungan tersebut, (7/12/17) rombongan Pemerintah Kota Tomohon mengadakan pertemuan dengan pihak Pemerintah Kota Louny. Untuk diketahui Kota Louny merupakan salah satu kota yang jaraknya tidak jauh dari Kota Praha.

Dalam pertemuan tersebut Pemkot Louny membicarakan kaitanya ‘sister city’ dengan pihak Pemkot Tomohon bahkan memperoleh rekomendasi dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Praha Dr Aulia Rachman yang saat itu ikut dalam pertemuan.

Banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan, terungkap juga bahwa banyak hal kesamaan program dan lainnya antara Kota Tomohon dan Kota Louny, seperti kesamaan dalam pengembangan pendidikan dan kebudayaan,  kerukunan antar umat beragama, setiap tahun di bulan agustus ada gelaran festival kepariwisataan, daerah yang memiliki PLTU, sehingga kesamaan-kesamaan inilah yang menjadi dasar diadakannya ‘sister city’.

Walikota Eman saat bertatap muka, mengapresiasi jajaran KBRI di Praha bersama Jajaran Pemkot Louny yang telah menerima akan kunjungannya. “terimakasih, karena kami telah diterima dengan baik”, ucap Eman.

Baca juga:  DPRD Tomohon Hearing bersama BPJS dan RSGM, Ini Hasil Kesepakatannya

Dikatakannya, pihaknya sampai saat ini dalam pelaksanaan pemerintahan terus berupaya melakukan berbagai terobosan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, serta dalam bidang pembangunan lainnya, termasuk dalam membina hubungan antar umat beragama.

Kesempatan itu Walikota JFE mempresentasikan kegiatan tahunan Kota Tomohon yakni Tomohon International Flower Festival (TIFF), sekaligus mengundang Pemkot Louny untuk ikut serta dalam perhelatan tersebut.

“Kami berharap pertemuan ini akan memberi dampak positif, serta terus menciptakan hubungan baik sehingga kedepan akan saling memberikan keuntungan” tutup Eman.

Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Bambang Waskito mengungkapkan Kota Tomohon sebagai salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki keragaman agama dan budaya dengan mempertahankan nilai-nilainya, hal ini juga berdampak baik pada keamanan dan kenyamanan lingkungan, dan pihak kami pun terus mendorong lewat pengayoman untuk bersama-sama menjaga keamanan di Kota Tomohon dan  Sulut pada umumnya.

Sementara itu Walikota Louny Radovan Sabata saat menyambut rombongan Pemkot Tomohon membeberkan diundangnya pemerintah Kota Tomohon dalam agenda ini dikarenakan juga Kota Tomohon sampai saat ini dinyatakan sebagai salah satu Kota terbaik di Indonesia dalam hal membangun toleransi dan kerukunan antar umat beragamanya. “Walupun kerukunan beragama di Kota Louny termasuk baik, tetapi masih banyak hal yang ingin kami ketahui dalam hal menciptakan kerukunan beragama di Kota Tomohon”, ujar Radovan.

“Banyak kegiatan yang telah kami programkan dalam meningkatkan perekonomian serta aspek lainnya di kota kami, dan salah satu gelaran bergengsi yang kami laksanakan setip tahun di bulan agustus adalah festival pariwisata musim panas”, ungkap Radovan.

Baca juga:  HUT PPNI ke-47, Wawali Lumentut Ajak Insan Nakes Terus Edukasi Masyarakat terkait Vaksinasi

Salah satu hasil pertemuan ini, Walikota Louny telah menyatakan kesiapannya pada tahun depan untuk hadir sekaligus ikut ambil bagian berpartisipasi dalam kegiatan Tournament Of Flower (pawai kendaraan hias) sebagai salah satu agenda utama TIFF. Untuk rencanaya kelanjutan perundingan ini akan dibicarakan tahun depan saat Walikota Louny akan berkunjung ke kota Tomohon.

 

(C.M)