Pasca Bencana Banjir, BPJN XV Respon Cepat di 5 Titik

TOPIKSULUT.COM SULUT – Cuaca extreme dengan curah hujan tinggi dan badai yang melanda daerah Provinsi Sulut menyebabkan air meluap dan akhirnya kondisi jalan-jalan dibeberapa titik rusak parah pada Sabtu , (16/12/2017) lalu.

Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV lewat Kepala Balai Riel Mantik mengatakan bahwa, ada lima titik yang jadi kewenangan BPJN XV rusak dan segera ditindaklanjuti.

” Untuk kewenangan BPJN XV Manado ada 5 titik yang kena dampak,” ujar Mantik , Selasa (19/12/2017) kemarin.

Adapun kelima titik tersebut adalah Ruas Jalan Manado-Tomohon terdapat enam titik longsor dan sudah tertangani. Tersedia alat Disaster Realief Unit (DRU) di Tomohon. Ruas Jalan Manado-Tumpaan terdapat tiga titik longsor dan sudah tertangani dengan response time tiga jam. Tersedia alat Disaster Relief Unit di Papontolen. Gerusan jalan di Karombasan akibat dari sistem drainase yang juga berisi jaringan utilitas, sehingga setelah sampah masuk ke saluran menyumbat aliran air dan menyebabkan air meluap ke jalan dengan volume yang cukup tinggi sehingga jalan tergerus.

“Saat ini sedang ditangani degan cepat agar arus lalu lintas bisa normal kembali. Saat ini jalur lalu lintas dilayani oleh setengah badan jalan,” tutur Mantik.

Keempat lanjut Mantik, Manado Ringroad 1 pada lokasi depan pertokoan Citraland terjadi genangan yang membawa material tanah dan lumpur, dan sejak tadi malam sudah diupayakan pembersihan agar kecepatan kendaraan yang melewati lokasi bisa normal kembali. Titik terakhir terjadi genangan air di Ruas Jalan Manado-Bitung, disekitar Manado International School (MIS). Genangan tidak bisa disalurkan karena terhalang lahan masyarakat yang harus dibebaskan untuk disaluran air ke arah sungai Tondano.

Terkait banyaknya pipa utilitas di dalam drainase, disayangkan Mantik. Menurutnya, bila ada sampah berupa dahan pohon, karung dan material lain yang tersangkut di pipa tersebut, menyebabkan saluran air tersumbat.

“Justru itu nimbole (tidak boleh) ada pipa atau apapun, karena ini untuk drainase air,” tandas Mantik. (*/ely)