Pemprov Bakal Tambah Alat Pembersih Eceng Gondok di Tahun 2018

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – 

Hadirnya alat pengangkat eceng gondok di penghujung tahun 2017 kemarin tidak serta merta membuat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berpuas diri, bahkan Pemprov Sulut melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sulut akan melakukan penambahan alat pembasmi eceng gondok untuk Danau Tondano.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas PU Sulut Ir Steve Kepel kepada para awak media ketika dikonfirmasi (Senin 8/01/17) sore di lobi kantor Gubernur Sulut.

“Ya memang saat ini sudah ada dua unit, tapi pemerintah masih akan menambah lagi untuk membersihkan danau tondano yang sejatinya akan dijadiakan objek wisata”, ucap Kepel.

Menurut Kepel, alat eceng gondok yang dimiliki pemprov sulut merupakan jenis amphibi (bisa didarat dan di air).

“Yang sudah dimiliki Pemprov saat ini adalah semacam eskavator, yang bisa mengangkat eceng gondok, dan bisa juga mengangkat endapan. Tapi ada juga jenis  jenis amphibi, jadi cara kerjanya, alat tersebut masuk ke air mengangkat eceng gondok dan kemudian membawanya ke darat. Dan ada juga yang jenis khusus di air, yaitu berupa kapal pengangkut, itu yang belum ada di kita”, jelasnya.

Lebih lanjut Kepel menegaskan bahwa kehdiran alat pembersih eceng gondok yang dikhususkan di danau Tondano Kabupaten Minahasa tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah provinsi Sulawesi Utara kepada masyarakat dan juga guba menjaga kelestarian Danau Tondano. Apalagi Danau Tondano memiliki fungsi vital yakni sebagai sumber listrik untuk Kota Manado dan sekitarnya.(Chris)