Pengurusan Dokumen Keluarga Sangat Penting

Topiksulut. Com_Sosialisasi dari kependudukan, mereka yang belum memerlukan administrasi kependudukan, yang belum akan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), satu kali kelak dipakai. Jadi buatlah sedapat mungkin dan sedini mungkin.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Drs Corneles Mononimbar kepada BeritaManado.com pada Kamis (11/1/2018) di ruang kerjanya.

“KTP dan KK merupakan dokumen penting untuk urusan BPJS, Imigrasi, pertanahan, perbankan. Jangan nanti, mau digunakan hari ini, baru diurus. Ada saja masalah saat pembuatan seperti alat rusak, jaringan putus, bahkan listrik padam,” tutur Corneles Mononimbar.

Diinformasikan, saat ini masih ada sekitar 20 persen masyarakat di Minsel belum sadar akan pentingnya KTP dan KK ini.

“Sudah melakukan mobile KTP, mobile KK, mobile akta-akta di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Minsel, masih ada saja masyarakat belum sadar,” ujar Corneles Mononimbar.

Dirinya menghimbau, bagi masyarakat yang belum memiliki KTP-El agar segera dibuat, karena KTP lokal dan KTP Nasional saat ini tidak diberlakukan lagi dalam pelayanan.(hemsi)