Tinjau Pasar Segar Winenet, Lomban Pastikan tak Ada Ketambahan Pedagang

TopikSulut,Bitung- Wali Kota Bitung, Max J Lomban SE MSi, Selasa, (16/1) meninjau perkembangan bangunan Pasar Segar Kota Bitung, di Kelurahan Pateten II, Kecamatan Aertembaga.

Pada kesempatan tersebut, Lomban didampingi Kadis Perdagangan, Drs Benny Lontoh MSi, melihat langsung keberadaan pasar yang dibangun dengan dana bantuan Kementerian Perdagangan ini, sambil memberikan beberapa koreksi dari bangunan yang sementara dalam proses penyelesaian tersebut.

“Semua pekerjaan harus diselesaikan dengan baik, dan semuanya harus bersih, karena yang dibangun ini adalah pasar bersih,” ujar Lomban.
Dalam tinjuan ini, Lomban juga melihat langsung batas lahan yang berukuran 76×38 meter tersebut. “Semua batas harus dipastikan, agar tidak ada persoalan dengan masyarakat yang berdampingan dengan pasar ini. Untuk lalu lintas penjual dan pembeli serta barang dagangan yang masuk, harus diatur sedemikian mungkin agar tertib dan teratur,” ujarnya.

Kepada para wartawan, Lomban mengatakan alasan pembangunan pasar bersih tersebut karena lahan pasar Winenet sebagian bermasalah. “Kami tak bisa membangun lagi, jadi kami berinisiatif membangun dilokasi ini, dan para pedagang disini, adalah mereka yang berjualan dijalan sekitar pasara winenet yang sudah terdata sebelumnya,” tutur Lomban, sambil menambahkan tidak ada pedagang baru yang menempati pasar tersebut, selain dalam data Dinas Perdagangan.

“Ini harus dibangun sebaik mungkin, agar pasar ini nantinya akan menjadi contoh bagi Kabupaten/Kota lain. Untuk target penyelesaian, Bulan Maret ini akan kami resmikan dalam dua tahun kepemimpinan MaMa,” ungkap Lomban. Hadir juga mendampingi Lomban, Camat Maesa, Sefferson Sumampouw, Camat Aertembaga Rollien Dipan, dan Kabag Humas Setda Pingkan Kapoh SPt MAP (hzq)