oleh

5 Kali Juara One Pride MMA Indonesia, Lumihi : Saya Bertarung Dengan Hati

Topiksulut.com, OLARAGA – Jarang tampil didepan, juara 5 kali berturut-turut Mixed Martial Arts (MMA) Indonesia, Paul Lumihi asal Kabupaten Minahasa Utara (Likupang), Manado Sulawesi Utara (Sulut), untuk pertama kalinya tampil didepan saat melakukan konferensi pers pertama Manado.

Kehadiran seorang Lumihi di Manado sontak mengundang perhatian masyarakat Manado. Pasalnya kedatangan Lumihi CS di Manado diiring langsung oleh persatuan driver online yang dalam hal ini ratusan driver Go-jek sampai di ruang rapat F.J Tumbelaka Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Rabu 17/1/18).

Kehadiran Lumihi CS disambut langsung oleh pemerintah provinsi sulut yang diwakilkan kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olaraga (Kadispora) Sulut Jani Lukas bersama jajaran.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey pun mengapresiasi prestasi yang diraih Lumihi lewat lima kali juara MMA yang diraihnya. Menurut Lukas hal ini adalah kebanggan bagi daerah Nyiur Melambai.

“Ini harus diberi apresiasi tinggi, Bung Paul telah mengharumkan nama daerah dengan prestasinya di kanca nasional, apalagi ini terbilang olaraga yang tidak mudah dan tergolong keras, untuk menang 1 kali saja susah apalagi mempertahankan sabuk juara hingga lima kali berturut-turut”, puji Dondokambey melalui Lukas.

Lukas pun mengtakan bahwa sesuai amanah Gubernur terkait perhatian dan fasilitas bagi atlet sulut yang berprestasi di kanca nasional, dirinya berjanji akan merealisasikannya dalam waktu dekat.

“Ini harus diberi reward seperti pesan pak Gubernur”, tambahnya.

Sedangkan Lumihi dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa dirinya sangat bangga membawa nama Sulut di kanca nasional, qpalagi menurutnya di kanca nasional orang Manado terkenal memiliki jiwa petarung yang sangat tinggi.

“Saya terlahir dari keluarga petarung dari ayah saya, sejak kecil saya habiskan dengan berlatih bela diri seperti Wushu dan lainnya, dan saya bangga membawa nama Sulut di kanca nasional, apalagi disana kita orang Manado terkenal memiliki jiwa petarung sejak lahir, jadi ini menjdi motivasi saya untuk menjadi atlit tarung di sana, apalagi MMA ini merupakan level tertinggi dari semua cabang olaraga bela diri, karena didalamnya merupakan gabungan semua cabang olaraga beladiri dan diikuti oleh atlet-atlet terbaik dari cabang olaraga masing-masing, jadi boleh di bilang tantangan didalamnya sangat besar”, beber Lumihi.

Lebih lanjut, ketika ditanya soal keseharian Lumihi sebagai atlet MMA dan bagaimana caranya dia mempertahankan gelar juaranya, Lumihi memberikan jawaban yang cukup mencengangkan.

“Saya bangun dari jam 03.00 subuh untuk memulai latihan hingga tengah malam, itu keseharian saya, dan untuk mempertahankan gelar juara saya, ada dua hal yang selalu saya jaga, hati dan doa yang rutin kepada Tuhan Yesus”, ungkapnya.

“Dengan hati kita bisa melakukan apapun, asalkan hati kita kuat dan terus berdoa kepada Tuhan supaya diberikan kekuatan dan kerendahan hati dalam setiap pertandingan saya, itulah kenapa selama ini saya tidak pernah menyerah dalam setiap pertandingan saya, apalagi dikategori yang saya masuki sekarang, saya adalah orang dengan fisik terkecil dan sering di goda/ejek oleh orang lain, tapi semua saya buktikan dengan gelar saya saat ini”, tutup Lumihi sembari mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Sulut yang selama ini telah menopangnya lewat doa.

Adapun riwayat tarung seorang Paul “The Great Man” Lumihi sebagai berikut :

– Medali perak Bali summer fight 2013
– Juara Kickboxing profesional 2013
– Juara Syena super fight 2013
– Medali emas muaythai SIAM super fight 2015
– Juara 1 MMA Subang
– Juara One Pride Kelas Bulu, 2016 hingga saat ini. (Chris).

News Feed