Kreatif ! , Ini Cara Unik Ketua PN Manado Simarmata Atasi PKL Liar dan Kemacetan

Kreatif ! , Ini Cara Unik Ketua PN Manado Simarmata  Atasi  PKL Liar dan Kemacetan

TOPIKSULUT.COM, MANADO – Dari pengadilan seluruh Indonesia, barangkali hanya PN Manado yang menghadapi persoalan sosial diluar tugas pokoknya dibidang hukum.

Situasi nyata, bertahun-tahun dihadapi tanpa solusi, ternyata dengan siasat yang cerdik, dapat diselesaikan dengan baik.

Di satu sisi, lokasi kantor terletak dijalan protokol utama, nyaris tertutup oleh banyaknya pertokoan dan perbankan. Sepanjang hari jalanan macet, karena kendaraan umum stop dan mangkal mencari penumpang. Pejalan kaki ramai hilir mudik, dan begitu banyaknya pedagang kaki lima yang berjualan secara liar di trotoar.

Sementara di sisi lain, pengadilan diwajibkan menjaga ketertiban, dan kenyamanan pengunjung persidangan.

Ketua PN Manado Edward Simarmata SH LLM MTL, mempunyai cara unik menyelesaikan persoalan tersebut, seperti diungkapkan oleh Hakim Juru Bicara Pengadilan Vincentius Banar SH MH kepada para awak media , Senin (29/01/2018).

“Untuk mengatasi macet. Sekarang dipagar kantor dipasang speaker outdoor, yang dapat mengeluarkan suara pengumuman dari operator. Jika terjadi kemacetan, yang dipantau dengan kamera CCTV, langsung terdengar suara, agar kendaraan segera melanjutkan perjalanan. Terus terdengar berulang-ulang, dengan volume keras,” ungkap Banar.

Lanjut Banar, sementara untuk menertibkan PKL. Corong speaker yang sama, juga dipakai jika terdapat pedagang kaki lima berjualan secara liar.

“Dan untuk mensiasati agar tidak ada lagi pedagang yang mangkal. Lokasi trotoar yang sering dipakai berjualan, dipasangi pot ukuran besar dengan bunga berwarna cerah. Dan jika masih saja ada yang berjualan, pengumuman akan terus terdengar berulang, sampai PKL liar meninggalkan lokasi. Ditambah dengan adanya plang pengumuman, dilarang berjualan di depan gedung pengadilan,” beber Banar mengungkap solusi cerdik KPN, dimana selain menghalangi lokasi PKL berjualan secara liar, sekaligus memperindah pandangan pejalan kaki.

Bukan hanya itu saja, keunikan lainnya adanya petunjuk arah, “Untuk para pengunjung pengadilan atau para pencari keadilan, plang penunjuk arah telah dipasang di koridor trotoar pejalan kaki, yang mengarahkan ke lokasi gedung pengadilan,”tutup Banar.

Terbukti sesuai pantauan media ini, dalam dua minggu terakhir , mulai terlihat hasilnya. Arus kendaraan mulai lancar, PKL liar sudah tidak berjualan, dan pengunjung pengadilan dapat dengan tenang menyelesaikan urusan hukum.(*/ely)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan