Berkurang 644 Orang, 1344 THL Pemkot Bitung Mulai Bekerja

TopikSulut,Bitung- Tahun 2018 ino, pemkot Bitung mengurangi 644 orang Tenaga Harian Lepas(THL) dari sebelumnya pada tahun 2017 sebanyak 1.992 orang,
kini menjadi 1.344 orang, yang mulai bekerja pada Kamis, (1/2).

Para THL ini hanya dikontrak sampai akhir Desember 2018 dan mulai bekerja terhitung sejak bulan Februari. Walikota Bitung, Max Lomban saat memimpin apel perdana THL, Kamis (1/2) mengatakan, pengurangan ini dilakukan karena pertimbangan kemampuan keuangan daerah.

“Pemerintah Kota Bitung merekrut THL untuk mengantisipasi kekurangan Aparat Sipil Negara atau Pegawai Negeri Sipil.
Para THL ini akan mengisi kekosongan pekerjaan di sejumlah SKPD agar pelayanan bisa berjalan normal, karena sudah lebih dari 7 tahun Kota Bitung terkena moratorium penerimaan PNS,” kata Lomban.

Pemerintah juga kata Lomban, akan terus melakukan pengawasan terkait dengan kinerja THL setiap tiga bulan, yang akan disampaikan oleh pimpinan di masing-masing Perangkat Daerah. “Jika ada yang tidak memenuhi syarat atau tidak melakukan tanggung jawabnya sesuai dengan yang ditetapkan, maka tidak menutup kemungkinan akan diberhentikan,” tegas Lomban.

Perekrutan THL tahun ini lebih banyak diprioritaskan untuk bekerja sebagai tenaga pendidikan dan kesehatan. Sisanya dibagi ke bidang lain seperti administrasi perkantoran dan pelayanan publik. (hzq)