Bitung Hampir Pasti Miliki 4 Dapil di Pileg 2019, Pekan Depan Uji Publik

Bitung Hampir Pasti Miliki 4 Dapil di Pileg 2019, Pekan Depan Uji Publik

TopikSulut,Bitung- Jumlah daerah pemilihan (dapil) dalam Pemilu legislatif 2019 mendatang, di kota Bitung hampir pasti 4.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Bitung, Sammy Rumamby, ST MAP, Senin (5/2) mengatakan, untuk jumlah dapil, ada beberapa kriteria, salah satunya minimal 3 kursi dan maksimal 12 kursi.

“Pileg lalu, jumlah dapil3, dimana untuk dapil 1 ada 12 kursi. Sekarang ada ketambahan jumlah penduduk, dan untuk dapil 1 kecamatan Matuari, Girian dan Ranowulu sudah 12 kursi lebih. Jadi dapil itu harus dimekarkan,” kata Rumamby.

Lanjut dikatakannya, untuk menentukan jumlah dapil, KPU bitung hanya sebatas mengusulkan karena yang menentukan KPU pusat.

“Kami sudah usulkan 4 dapil yakni, Kscamatan Matuari-Ranowulu dengan 7 kursi, Kecamatan Girian-Madidir, 10 kursi, Kecamatan Maesa, 6 kursi dan kecamatan Aertembaga-Lembeh Selatan dan Lembeh Utara, 7 kursi, sehingga total 30 kursi. Ini belum final karena baru sebatas usulan ke KPU Pusat. Nanti KPU Pusat yang memutuskan berapa dapil,” jelas Rumamby sembari menambahkan, pekan depan akan ada uji publik soal jumlah dapil. (hzq)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan