Demi Ayah Tercinta…, Anak Kepala Inspektorat Manado Jaminkan Dirinya dan Rp 50 Juta untuk Pengalihan Penahanan

● Dugaan Pemalsuan Surat Kartu Keluarga

TOPIKSULUT.COM, MANADO – Terdakwa MHT alias Hans (52) yang tersandung kasus dugaan pemalsuan Kartu Keluarga (KK) , dilaporkan saksi korban Magdalena Katuuk yang nota bene adalah mantan istri terdakwa, ia bernapas lega atas pengalihan tahanan, pasalnya Majelis hakim yang mengadili perkara telah menyetujui permohonan dari terdakwa
untuk penangguhan penahanannya dari Rutan Malendeng. Dalam sidang di PN Manado, Selasa (20/2/2018).

Majelis hakim dengan Ketua Majelis Denny Tulangow dengan anggotanya Benny Simanjuntak dan Ferry Sumlang dengan penetapan perkara no 38/pid.b/2/2018 mengabulkan permohonan dari terdakwa, dan Walikota Manado Vicky Lumentut yang adalah atasan terdakwa , serta penjamin orang adalah Putra kandung terdakwa.

“Membaca surat permohonan dari terdakwa, dan Walikota Manado, untuk status tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Malendeng, menimbang terdakwa sebagai PNS yang memegang tanggung jawab sebagai kepala inspektorat, dst. Majelis hakim berpendapat permohonan bisa dikabulkan. Mengabulkan permohonan, menetapkan menangguhkan penahanan. Memerintahkan, terdakwa untuk segera dikeluarkan dari Rutan Malendeng,” ujar Hakim Tulangow dalam penetapan.

Lanjut hakim, dengan syarat, terdakwa tidak mempersulit sidang, terdakwa dengan jaminan keluarga/orang Rivo Tinangon, dan uang Rp 50 juta. Terdakwa akan selalu hadir dalam persidangan.

Sebelumnya, terdakwa yang didampingi Penasehat Hukumnya, Frederik CH Sumeisey telah mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan JPU.

Oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Marianna Matullesy dan Edwin Tumundo, terdakwa diancam pidana pasal 93 UU RI no 23 tahun 2006, UU RI no 24 tahun 2013 tentang perubahan atas UU RI no 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan, dan pidana pasal 263 ayat (3) KUHPidana. (ely)