Ditargetkan Bakal Miliki 5 Unit Kapal Pembersih Enceng Gondok, Ini Penjelasan Kadis PU-PR

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN –¬†Tangani masalah enceng gondok yang sudah lama menjadi momok publik di danau tondano kabupaten Minahasa, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Provinsi Sulut telah meng-adakan alat pembersih eceng gondok di akhir tahun 2017 yang lalu.

Tidak hanya itu, jika di tahun 2017 dua alat oemberaih enceng gondok telah direalisasikan, tahun 2018 ini Pempeov Sulut melalui Dinas PU-PR juga bakal menambah satu lagi alat pembersih enceng gondok dan ditambah dua unit lagi dari pihak Balai Sungai, yang artinya pada 2018 hingga awal 2019 akan ada lima unit kapal pembersih eceng gondok untuk mengeruk enceng gondok di Danau Tondano Minahasa.

Hal tersebut terungkap usai wawancara Topiksulut.com bersama Kepala Dinas PU-PR Ir. Steve Kepel M.Si disalah satu ruangan di Kantor Gubernur Sulut pagi tadi (Selasa 20/2/2018).

“Sekarang kan masih tahap penyelesaian hanggar untuk kapal eceng gondok, yang tahap satu sudah selesai, jadi sebentar lagi akan beroperasi untuk membersihkan enceng gindok di Danau Tondano, nanti juga rencanya akan ada penambahan satu unit dari Pemprov dan dua unit dari balai sungai, jadi nanti totalnya lima unit”, jelas Kepel.

Terkait sifat dari Kapal pembersih eceng gondok tersebut, Kepel kepada Topiksulut.com mengatakan bahwa hal tersebut masih menunggu kesepakatan kontrak kerja dengan pihak Pemkab Minahasa, apakah akan bersifat hiba, seqa atau hanya sekedar pinjam pakai.

“Masih menunggu hasil kontrak kerja dengan Pemkab Minahasa, supaya jelas nanti sifatnya hibah, sewa atau pinjam pakai saja”, tambah Kepel. (Chris)