KPN Manado Perhatian pada Para Pengawal Tahanan Kejari, “Kenapa Makan Siang pada Sore Hari?”

KPN Manado Perhatian pada Para Pengawal Tahanan Kejari, “Kenapa Makan Siang pada Sore Hari?”
KPN Manado Edward Simarmata SH LLM MTL (Kemeja Batik Lengan Panjang) saat berbincang dengan petugas Pengawalan Tahanan 'Timsus Fighter 730' Kejari Manado. Rabu (21/2/2018). (Foto : Hakim JuruBicara PN Vincentius Banar SH MH)

TOPIKSULUT.COM, MANADO – Pola kerja Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Manado Edward Simarmata SH LLM MTL sangat prestatif artinya bekerja keras , bekerja cerdas dan berkarakter positif. Bagaimana tidak , baru saja menerima tamu asing dari Eropa , dan bukannya mengajak tamu makan siang di restoran, KPN malah terlihat tetap berada dikantor berbincang dengan para pengawal tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado di ruang belakang dekat sel tahanan pengadilan. Rabu (21/2/2018).

KPN Simarmata melalui Hakim Juru Bicara Pengadilan, Vincentius Banar SH MH mengatakan jika standar minimum pelayanan pengadilan, ada pada pengawal tahanan. Jika mereka tidak nyaman menjalankan tugas, berarti ada yang salah dalam mekanisme pengadilan

Saat itu , sekitar pukul 16.30 Wita KPN menghampiri para pengawal tahanan yang sedang makan.

“Kenapa baru makan siang pada sore hari?,” tanya KPN Simarmata pada salah satu petugas pengawal tahanan, Sihite.

Lanjut Banar, tentunya, Jika mereka (petugas pengawal tahanan, red) baru sempat makan siang pada jam 16.30 sore, berarti hari ini ada keterlambatan sidang, sehingga mereka terus berjaga, sampai lupa makan.

“Berarti, sudah bisa dipastikan, besok akan ada dilakukan evaluasi jadwal persidangan bersama Hakim dan Panitera Pengganti,” tutup Hakim Banar.

Petugas Pengawalan Tahanan ‘Tim Figter 730’ Kejari Manado, Erwin Shihite dkk serta Petugas Kepolisian Polresta Manado, Suchifli dan A Pangaila (Foto : STasiam)

Terpisah , para petugas pengawal tahanan yang menamakan ‘Timsus fighter 730’ pengawalan tahanan kejari Manado mengatakan jika merasa senang bisa duduk ngobrol dengan KPN disela penjagaan tahanan.

“Kami merasa di perhatikan oleh ketua PN, Bagus lah !, jarang jarang ada Ketua PN seperti Beliau, mau duduk bersama , berbincang bersama, hampir setengah jam kita ngobrol, ” ujar Erwin Shihite ketika diwawancarai Topiksulut.com.

Lagi dikatakan Shihite, merekapun tak canggung ketika menjawab pertanyaan KPN soal kendala dalam pengawalan, bahkan masukan agar penjagaan lebih aman, tempat sel tahanan lebih steril , tidak lalu lalang orang yang lewat pun disampaikanNya pada KPN.

“Beliau bijaksana orangnya , sampe spesifik nya begitu, nanya, kenapa baru makan, padahal sudah pada sore hari,” ujar Shihite.

Terakhir ketika ditanya , jawaban apa yang diberikan mereka (para pengawal, red) ke KPN soal itu.

“!Mana sempat makan tepat waktu, banyak sidang, karena banyaknya tahanan,” ucap Shihite dan para pengawal lainnya, Regi Kaunang, Rio Roboth, Brando Sangka, Aldo Valentino Adil, Joshua Paputungan dan Jaacman Masipuang , serta dua petugas kepolisian dari Polresta Manado, Suchifli dan A Pangaila yang kompak senada mengiyakan. (ely)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan