PN Manado dinilai Terbukti KualitasNya. Sustain – Uni Eropa, Mr Felipe Ureta Sebut Keberhasilan ‘Best Practices’ KPN Simarmata

PN Manado dinilai Terbukti KualitasNya. Sustain – Uni Eropa, Mr Felipe Ureta Sebut Keberhasilan ‘Best Practices’ KPN Simarmata
KPN Manado Edward Simarmata SH LLM MTL bersama Mr Felipe Ureta (kedua dari kanan) pengacara dari kota Madrid-Spanyol dan Fatahillah dari Proyek Sustain (duduk paling kiri). (Foto : Hakim JuruBicara Pengadilan Vincentius Banar SH MH)

● Fatahillah : Rujukan Ternyata sampai Skala International, Kemajuan Lembaga Peradilan ini, Ternyata Memang Terbukti KualitasNya

TOPIKSULUT.COM, MANADO-Pengadilan Negeri Manado dengan kepemimpinan Edward Simarmata SH LLM MTL dan didukung seluruh Jajaran dalam program pembaruan peradilan di Indonesia, dinilai berhasil dan terbukti kualitas-Nya oleh Tim Independen Eropa.

Adapun tim independen, Mr Felipe Ureta seorang pengacara dari kota Madrid Spanyol, telah ditugaskan datang ke PN Manado, sebagai Penilai Independent untuk keberhasilan program pembaruan peradilan di Indonesia, kerjasama Proyek Sustain – Uni Eropa dan Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA-RI). Rabu (21/2/2018) pagi.

Bertubi-tubi kejutan dialami tamu asing yang datang, dipimpin oleh Fatahillah dari Proyek Sustain, melihat fakta yang ditemui di PN Manado, dalam kesiapan melaksanakan berbagai program pembaruan peradilan yang dicanangkan MA.

Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Manado , Edward Simarmata SH LLM MTL melalui Hakim Juru Bicara Pengadilan Vincentius Banar SH MH mengatakan adapun beberapa pertanyaan dari penilai independen tersebut bervariasi.

“Diantaranya bagaimana cara meningkatkan kepuasan masyarakat atas putusan pengadilan, penanganan pengaduan, penyelesaian perkara, pelayanan administrasi pengadilan, transparansi, dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia,” terang Hakim Banar, dan tidak sekadar diskusi, tamu yang datang bahkan sampai meminta photocopy berbagai dokumen internal yang ada, sebagai bukti pendukung.

Lanjut Banar, juga ada diskusi dengan kelompok pengacara Posbakum PN Manado, didampingi beberapa Hakim.

Dan Mr Felipe Ureta dalam penyampaian-nya, menggunakan Bahasa Inggris, diterjemahkan oleh Indra (penterjemah yang secara khusus dibawa dalam rombongan,red).

“Melihat keberhasilan / Best Practices yang dilakukan di PN Manado, seharusnya diterapkan di seluruh pengadilan di Indonesia,” ucap Mr Felipe Ureta.

Menarik, di penghujung acara, Fatahillah dari Proyek Sustain, berkata lirih kepada Ketua PN Manado Edward Simarmata.

“Kami telah mendengar berbagai kemajuan PN Manado, ternyata memang terbukti kualitasnya. Rujukannya ternyata sudah sampai skala internasional,” Apresiasi Fatahillah.

Dan secara terbuka, Lanjut dia , disampaikan kepada peserta yang hadir , “Keberhasilan PN Manado dalam evaluasi ini, akan disampaikan kepada pimpinan Mahkamah Agung,” kunci Fatahillah. (ely)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan