oleh

Nilai Ada Kesalahan Mekanisme, Rompas Cs Tolak Hasil Pemilihan Komisi Pemuda Sinode GMIM

TopikSulut,Bitung- Sejumlah Penatua Pemuda menilai rapat pemilihan Komisi Pemuda Sinode GMIM di Makasili, Minsel,
Sabtu, (3/3) terdapat kekeliruan dan kesalahan mekanisme.

Menurut salah satu peserta rapat, Pnt Rendy Rompas, SH, pemilihan pemuda Sinode GMIM sangat tidak demokratis dan cacat mekanisme karena mengabaikan keadilan, aturan dan transparansi.

“Ini preseden buruk bagi pemuda GMIM. Rapat pemilihan sangat tidak demokratis dan cacat mekanisme. Ini bukan soal menang kalah tapi bagaimana keadilan, aturan dan kebenaran ditegakkan,” kata Rendy.

rompas pun membebedkan kronologi rapat Pemilihan Komisi Pemuda Sinode, yang menurutnya menimbulkan kesan yang kurang baik karena berlangsung dengan mekanisme yang keliru dan mencederai semangat demokrasi serta melanggar asas-asas bergereja.

“Kronologis saat pemilihan berlangsung yakni, hasil keterangan Panitia pemilihan bahwa jumlah pemilih yang mendaftar dan berhak untuk memilih adalah 856 suara. Sebelum pemungutan suara, Ketua KPPSG Toar Pangkey menegaskan bahwa jumlah pemilih yang berhak memberikan suara adalah 856 suara sesuai nama yang terdaftar dan kembali ditegaskan panitia pemilihan lewat pengesahan dan penetapan peserta rapat pemilihan untuk pemilihan calon Ketua oleh panitia Pdt. Teddy Liuw sah 856 peserta.

Penetapan peserta rapat pemilihan hanya berdasarkan registrasi kedua di sekretariat panitia lokal jemaat Exodus Kumelembuai tanpa ada lagi roll call,” jelas Rompas. “Faktanya hasil pemilihan berbeda jauh dengan jumlah hak suara saat ditetapkan sebagai peserta. Awalnya pleno berjumlah 856 suara, anehnya saat pemilihan naik menjadi 911 suara,” tambah ketua pemuda GMIM baitel Girian ini.

Atas kekeliruan tersebut kata Rompas, Panitia, KPPSG dan pimpinan sidang sepakat untuk menganulir pemilihan calon Ketua KPPSG dan telah di ketuk palu membatalkan pemilihan tersebut karena terdapat kesalahan dan mengabaikan nilai-nilai moral dan kebenaran.

Pimpinan sidang Pdt. Teddy Liuw kata Rompas, pun mengakui hal tersebut. Akibatnya, rapat pemilihan di skors dalam rangka persiapan pemilihan ketua. Beberapa menit kemudian pasca penetapan pembatalan pemilihan calon ketua, tambah Rompas. Namun masih menurut Rompas, Panitia pemilihan melalui Dr. Itje Pangkey menyampaikan bahwa tidak bisa dilaksanakan pemilihan ulang calon ketua karena persoalan Bbarcode tidak bisa digunakan kedua kali untuk pemilihan ketua.

“Kami pun melayangkan protes, dan sebagian mempertanhakan kekeliruan suara yabg tedjadi, namun panitia KPPSG dan pimpinan sidang tidak menjelaskan masalah tersebut,” ujarnya. Namun akhirnya pimpinan sidang memanggil Rompas dan Pnt Krisdianto Maradesa untuk memediasi kedua kubu yang sudah berdiri didepan meja pimpinan sidang.

Mediasi tersebut tidak terdapat kesepakatan. Sekitar jam 11 malam, BPMS lewat Pdt. Petra Rembang, Pnt. Jhonly Wendur dan Sekdep Pdt. Teddy Kansil datang ke lokasi pemilihan untuk mempertemukan para kandidat ketua KPPSG. Hasil mediasi BPMS dengan para kandidat tidak mendapatkan titik temu tetapi pemilihan tetap dilaksanakan dengan alasan mengambil resiko teekecil tanpa mempertimbangkan surat protes, apalagi telah ada keputusan lewat pimpinan sidang bahwa pemilihan calon ketua dianulir karena mekanisme yang salah.

Akibatnya kata Rompas, sebagian peserta melakukan aksi walk out menolak pemilihan lanjutan dengan alasan ada kesalahan mekanisme.

Adapun yang menyatakan menolak hasil pemilihan tersebut yakni :
Pnt. Randy Ivan Toar (Ketua Komisi Pemuda GMIM Kinamang Kamanga)
Pnt. Rendy Johanis Rompas, SH (Ketua Komisi Pemuda GMIM Baitel Girian)
Pnt. Vidy Siow, S.PSi (Ketua Komisi Pemuda GMIM Betlehem Popareng)
Pnt. Carlos Deeng, SE (Ketua Komisi Pemuda GMIM Elim Papakelan)
Pnt. Sheila Riene Rondonuwu, S.Th (Ketua Komisi Pemuda GMIM Sentrum Manado)
Pnt. Mega Polakitan, M.Pd (Ketua Komisi Pemuda GMIM Nazareth Teling Manado)
Pnt. Angie Tangkudung, SH (Ketua Komisi Pemuda GMIM Pniel Manembo-nembo Bitung)
Pnt. William Worang (Ketua Komisi Pemuda GMIM Paulus Kauditan)
Pnt. Vanly Regoh, S.Pd (Ketua Komisi Pemuda GMIM Imanuel Ranowangko)
Pnt. Bonny Tinungki (Ketua Komisi Pemuda GMIM Sentrum Likupang)
Pnt. Jonathan Solang, S.Pd (Ketua Komisi Pemuda GMIM Eben Haezer Silian)
Pnt. Oldy Pangemanan, S.IP (Ketua Komisi Pemuda GMIM Eben Haezer Lompad)
Pnt. Junaedi Rhico Rongkonusa, S.ST (Ketua Komisi Pemuda GMIM Viadolorosa Kairagi)
Pnt. dr. Leli Maarende (Ketua Komisi Pemuda GMIM Sentrum Bitung) (hzq)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed