Terkait Pembayaran Biaya Pemanggilan Relaas, Juru Sita Pengganti PN Manado Dikomplain

TOPIKSULUT.COM, MANADO – Ketatnya sistem kerja di PN Manado , kali ini Juru Sita Pengganti (JSP) jadi sorotan, pasalnya Ketua PN Manado Edward Simarmata SH LLM MTL telah melayangkan nota dinas, yang tembusannya diterima Kepala Juru Bicara Pengadilan Hakim Vincentius Banar SH MH. Sabtu (3/3/2018).

Terkait adanya komplain dari seorang Juru Sita Pengganti (JSP) PN Jakarta Barat, yang mengirim pesan text WA ke nomor pengaduan. Menagih biaya pembayaran relaas bantuan panggilan sidang. Dimana , majelis hakim PN Manado telah meminta bantuan relaas pemanggilan pihak berperkara, yang domisili di wilayah hukum PN Jabar.

“Bayangkanlah bagaimana ketatnya kami menjalankan sistem kerja di PN Manado. Ini diterima komplain dari seorang Juru Sita Pengganti (JSP) PN Jakarta Barat, bernama Friskawati,” ujar Hakim Banar sambil menggelengkan kepala saat menerima nota dinas dari KPN.

Tentunya ini menimbulkan pertanyaan, dari Jakarta? Pengadilan di Jakarta! , heran, apa urusannya pengadilan Jakarta mengadu ke PN Manado, bahkan sampai diterima langsung oleh Ketua PN.

“Benar dari Pengadilan di Jakarta . JSP tersebut mengirim pesan text WA ke nomor pengaduan. Menagih biaya pembayaran relaas bantuan panggilan sidang dari majelis hakim PN Manado, yang dijalankan kepada pihak berperkara yang berdomisili di wilayah hukum PN Jakarta Barat,” terang hakim Banar.

LanjutNya, dan atas pengaduan tersebut , JSP langsung menindak-lanjuti dengan memprosesnya. Dengan ketentuan, pembayaran baru akan dilakukan, setelah JSP PN Jabar kirim balik relaas asli dan diterima PN Manado.

“Pengaduan tersebut langsung diproses. Email pemberitahuan diterima jam 13.28 wib, atau 14.28 Wita, pesan text via WA diterima jam 13.30 Wita, dan 27 menit kemudian sudah dijawab, pembayaran baru akan dilakukan setelah pengiriman balik relaas asli diterima PN Manado,” terang Hakim Banar.

“Jika dilihat dari struktur jabatan, JSP adalah eselon terkecil dalam pengadilan. Tapi karena sudah menyangkut pelayanan bagi pencari keadilan jangan sampai terhambat, urusan sesederhana begini saja, ditangani dengan serius di PN Manado,” tutup Banar.

Jika semua ini di lakukan, untuk meningkatkan kepuasan masyarakat yang berurusan di PN Manado. Dan peran Jurusita Pengganti, tugas sangat penting, sangat menentukan terwujudnya Asas Peradilan Cepat, Sederhana dan Biaya Murah. (ely)