Wah ! Terima 5 Surat Peringatan, Panmud Hukum Capai Performa Terbaik

Wah ! Terima 5 Surat Peringatan, Panmud Hukum Capai Performa Terbaik
Panmud Hukum Elva Ishak (ketiga dari Kanan) berfoto usai Evaluasi Kinerja Perbulan. (Foto : Juru Bicara PN Hakim Vincentius Banar)

• Ketua PN Konsentrasi pada Peningkatan Pelayanan Pengadilan, Fokus Kemampuan Personil SDM

TOPIKSULUT.COM, MANADO – Panitera Muda (Panmud) Hukum Elva Ishak. Barangkali, dialah pejabat sepanjang sejarah terbentuknya PN Manado.

Adapun tugas Panmud Elva, bertanggung jawab menata arsip perkara, koordinator hubungan masyarakat (humas), penanggung jawab meja informasi (sekarang PTSP – red), berbagai surat keterangan hukum, termasuk mengelola pengaduan.

Dan terinformasi , setiap minggu selalu saja ada kesalahan yang dibuat. Apalagi dengan sistem kerja yang ketat seperti sekarang, hampir tidak ada yang lolos dari pengamatan Ketua PN.

KPN Simarmata melalui Hakim Juru Bicara Pengadilan Vincentius Banar SH MH ketika dikonfirmasi awak media, tak menepis akan hal itu. Senin (12/3/2018).

“Benar, dalam dua bulan kerja sudah menerima sedikitnya lima surat peringatan. Kesalahannya bervariasi dari format surat tidak standar, tidak profesional, bahkan sampai tidak menguasai tugas pokoknya,” ujar Hakim Banar.

Tapi, lanjut Hakim Banar , jika hampir tiga bulan KPN Simarmata memimpin. Berbagai teknik dan strategi telah dikerahkan, untuk meningkatkan standar pelayanan pengadilan, dan kemampuan profesional personil.

Dan perubahan yang paling menonjol pada kemampuan personal pejabat dan staf pengadilan, salah satu contoh peningkatan Panmud Hukum Ishak.

“Sangat membanggakan. Rapat evaluasi lalu, Panmud Hukum mencapai ranking dua. Bayangkan kenaikan kemampuannya, dari awalnya hancur berantakan, bisa dibimbing menjadi profesional,” beber Hakim Banar.

Bahkan dengan kenaikan kemampuan Panmud, Ishak bahkan mampu membimbing semua stafnya menjadi juara dalam berbagai kategori.

“Ketika pengumuman nama personil terbaik, bu Elva sampai berteriak histeris, sambil mengangkat kedua tangannya. Menandakan dia sangat bergembira, kemampuan kerjanya mencapai performa terbaik,” salut Hakim Banar.

Saat itu , KPN Simarmata memandang diam, dengan tersenyum. Seolah sudah menduga, bu Elva akan berusaha keras menjadi terbaik, “Setiap orang punya sisi baik. Tugas pemimpin, hanya membantu yang bersangkutan, untuk menemukannya,” ucap KPN lirih.

Lanjut Hakim Banar , jika Kondisi phisik gedung PN memang tetap sama, hanya dibuat lebih nyaman. Tidak ada pengadaan baru. Ketua PN sangat konsentrasi pada peningkatan pelayanan pengadilan, dengan fokus personil SDM.

“Sangat jelas terlihat, kenaikan kemampuan personil merata di semua lini. Ketua PN sangat jeli menata berbagai pola, yang dapat diterima setiap individu, yang justru saling berbeda,” kunci Hakim Banar. (ely)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan