Sekda buka Musrembang Pemkab Minahasa

Minahasa330 Dilihat

Minahasa– Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Minahasa tahun 2019, dilaksanakan Rabu (28/3/2018) bertempat di Hotel Mercure Desa Tateli, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa.

Kegiatan Musrembang yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng ini, dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Penelitian Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Minahasa.

Kepala Bappelitbangda Donald Wagey yang diwakili Sekretaris Badan Jemmy Tuwo dalam laporannya mengatakan, tujuan dari Musrenbang RKPD ini yakni, untuk membahas rancangan RKPD, termasuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah Kabupaten, dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Provinsi.

Selain itu menurutnya, Musrenbang RKPD ini juga bertujuan untuk mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah Kabupaten, pada Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan.

Baca juga:  Tinjau Perkebunan Rakyat, Bupati Minahasa Ajak Warga Manfaatkan Potensi Alam

“Musrenbang RKPD ini juga untuk mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah Kabupaten dan menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah,” katanya.

Sementara itu Sekda Jeffry Korengkeng saat membuka kegaiatan ini menyampaikan bahwa, pelaksanaan Musrenbang RKPD merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka membahas rancangan RKPD yang bertujuan untuk, menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah Kabupaten/ Kota.

“RKPD tahun 2019 ini merupakan RKPD transisi, dimana dokumen RPJMD yang seharusnya menjadi acuan, belum disusun karena menunggu Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa terpilih nanti. Sehingga kita mengacu pada RPJMD Minahasa tahun 2008-2028, kebijakan nasional dan RPJMD Provinsi Sulut,” kata Korengkeng.

Baca juga:  Serentak, Mengaku Kagum Pada ROR-RD, 3 Keluarga di Suluan Ganti Bendera Golkar Jadi PDI-P

Lanjut dikatakannya, Tema dan Prioritas Pembangunan RKPD Minahasa 2019 ini ialah, peningkatan penyediaan infrastruktur dasar, perwujudan kedaulatan pangan, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan investasi ekonomi berbasis lingkungan hidup berkelanjutan, dalam mencapai kemandirian masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan ini, sejumlah Anggota DPRD Minahasa diantaranya Rommy Leke, Rinni Kambey, serta James Kojongian, Kepala Kantor BPN Minahasa Remilin S, Sekretaris Bappeda Manado Charles Lasut, serta seluruh Pejabat, Camat serta jajaran ASN di lingkup Pemkab Minahasa.