RAKORNAS Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Walikota Eman Harap Warga Tomohon Dukung Program Pusat

Tomohon116 Dilihat

TOPIKSULUT.COM Tomohon – Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menghadiri rapat koordinasi nasional kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga di Manggala Wanabakti Jakarta, selasa (3/4/18).

Rakornas dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup DR Siti Nurbaya yang saat itu menegaskan kaitannya peran masyarakat dalam pengelolahan sampah rumah tangga dan sejenisnya.
“Masyarakat mempunyai peranan dalam kegiatan pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga bersama sama dengan pemerintah Kabupaten/Kota untuk mengelola sampah di sumbernya sesuai amanat PP Nomor 81 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, untuk itu diharapkan adanya dukungan dari pemerintah daerah dalam melakukan pengawasan dan pengelolaan sampah sejak dari sumbernya dan peran serta masyarakat untuk mengelola sampah rumah tangga dengan baik melalui pemilahan, pengumpulan dan pengolahan sampah rumah tangga”, ujar Siti.

Baca juga:  Wakil Walikota Tomohon SAS Sambut Defile Hardiknas 2018

Kegiatan yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup turut diikuti oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan, serta perwakilan dari Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan dan Kementerian Perindustrian serta Wakil Ketua Komisi 7 DPR RI yang sekaligus menjadi pemateri terkait program Kementerian masing-masing serta lembaga pada saat itu.

Wali Kota Eman berharap seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk mendukung program ini yakni dengan melakukan pemilahan sampah dimasing-masing rumah tangga sehingga dapat mengurangi volume sampah yang dibawa ke TPA dan sampah dapat dimanfaatkan untuk sektor lainnya seperti pertanian, listrik dan memiliki nilai ekonomis.
“Selaku pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon siap mengawasi dan mendukung program pengelolahan sampah, karena program ini juga pada intinya dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat”, ucap Eman.

Baca juga:  Serahkan LKPD Tahun 2017, Eman Harap Kota Tomohon Pertahankan WTP

Hadir bersama Wali Kota Tomohon, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Youddy Moningka SIP, Kadis Lingkungan Hidup Kota Tomohon Novi Politon SE, Kaban Keuangan Drs Gerardus Mogi serta Kabag Humas dan Protokol Michael Joseph SSTP.
Kesempatan itu Wali Kota Tomohon foto bersama dengan Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E SUMA) Kementerian KLH Ir Darhamsyah MSi.

(C.M)