Gelar Rapat Dengar Pendapat Bersama Ratusan Jurnalis, S.BAN Liow Serap Aspirasi Masyarakat

Topiksulut.com, POLITIK – Setelah resmi mendaftarkan kembali dirinya sebagai calon legislatif di Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), siang tadi Selasa (24/4/2018) bertempat di aula pertemuan kantor DPD kota Manado, anggota DPD RI/MPR RI Ir Stefanus BAN Liow menggelar Rapat Dengar Pendapat  dengan ratusan awak media di Sulut.

Adapun dalam rapat dengar pendapat tersebut, Ir. S.BAN Liow yang didampingi oleh Akademisi Unima Dr Charles Tangkau, MAP, Dosen ITM Tomohon Dr Festus Evly Liow, ST, M.Si, dan sejumlah tokoh penting lainnya tersebut, turut menghadirkan tiga wadah jurnalis terbesar di Sulut seperti Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS) yang dinakhodai Rolf Lumintang, Forum Wartawan Dewan Provinsi (FORWARD) yang dinakhodai Jerry Palohoon dan Jurnalis Independen Manado Smart (JIMS) yang dinakhodai Ronald Gampu tersebut berlangsung dengan suasana kekeluargaan yang dibangun antara awak media dengan narasumber.

Dalam paparannya, Liow mengatakan arah pembangunan yang diimpikannya antara lain yaitu untuk mengakhiri bentuk kemiskinan, mencapai ketahanan pangan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja, membangun insfrastruktur, meningkatkan industri inklusif dan mendorong investasi.

Dikesempatan yang sama pula, Akademisi Unima Dr Charles Tangkau MAP sempat mempersoalkan tentang penyelarasan antara kebijakan dari pusat dan daerah dengan kebutuhan masyarakat.

Menurut Tangkau pembangunan harus berupa serangkaian upaya yang dapat bergerak maju atas kekuatan sendiri.

“Harusnya arah dan kegiatan pembangunan diserahkan kepada kekuatan masyarakat sendiri”, ucapnya.

Sementara Dosen ITM Tomohon Dr Festus Evly Liow, ST, M.Si mengatakan infrastruktur berperan penting sebagai penunjang pembangunan karena vitalnya dalam mewujudkan pemenuhan hak dasar rakyat.

“Pembangunan infrastruktur harus seiring dengan pembangunan sumber daya manusia”, ungkapnya.

Sedangkan dari sisi awak media, Ketua FORWARD Sulut Jerry Palohoon, Ketua JIPS Rolf Lumintang dan Ketua JIMS Ronald Gampu memberikan apresiasi kepada Anggota DPD RI/MPR RI Ir Stefanus BAN Liow yang menggelar kegiatan rapat dengar pendapat bersama kalangan jurnalis seraya ketiganya mengucapkan selamat kepadanya yang telah kembali mencalonkan diri sebagai wakil rakyat di DPD RI periode 2019-2024. (Chris)