Reses Jems Tuuk di Bolmut, Aspira Suarakan Butuh Peralatan Nelayan dan Fasilitas Air Bersih di Tanjung Sidupa

• Warga meminta dan dukung Jems Tuuk mencalonkan diri kembali sebagai legislator

TOPIKSULUT.COM, BOLMUT – Legislator DPRD Prov Sulut, Ir Julius Jems Tuuk jaring aspirasi masyarakat (aspira) di Desa Tanjung Sidupa Kec Pinogaluman, Kabupatan Bolaang Mongondouw Utara (Bolmut). Selasa (1/5/2018), pukul 12.00-15.00.

Dalam reses turut dihadiri dari masyarakat, di Desa Komus II Timur, Desa Komus Induk dan dan Komus I.

Hasil aspirasi warga yang mayoritas 80 persen sebagai nelayan ini. Salah satu warga desa Tanjung Sidupa, Paulus Hanock menyampaikan aspurasinya.

“Karena kami disini mayoritas nelayan, mohon bantuan alat alat nelayan serta bantuan bagi kelompok nelayan seperti katinting, alat pancing dan perahu,” ungkap Hanock , Kepala dusun II di desa Tanjung Sidupa.

Lain halnya dengan warga Desa Komus II Timur, Lexi Langitan yang mengusulkan perbaikan dan pengaspalan jalan yg ada di Desa Komus II Timur.

Sementara Hesky Manalua warga Desa Komus II) menambahkan meminta fasilitasi bantuan modal usaha bagi warga. Juga permohonan bantuan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH), serta proposal bantuan alat tangkap ikan tuna bagi kelompok nelayan yang ada di Desa Komus II.

Juga aspirasi warga desa Tanjung Sidupa lainnya, “Kami ini perlu pengadaan jaring. Dan fasilitas air bersih – saluran air bersih sejauh 3 km di sepanjang Desa Tanjung Sidupa,” ungkap James Timbulau.

Aleg Komisi I , Jems Tuuk kemudian menjawab secara keseluruhan atas aspirasi yang diterimanya.

“Untuk setiap permohonan bantuan rumah ibadah, bantuan kelompok tani ataupun bantuan kelompok nelayan harus dimasukkan dalam bentuk proposal. Saya sendiri yg akan memperjuangkan aspirasi masyarakat ini,” terang Tuuk.

Menurutnya lagi, untuk perbaikan jalan yang ada di Desa Komus II. ” Kita akan lihat apakah jalan tersebut merupakan kewenangan Provinsi atau bukan. Apabila ini menjadi kewenangan Provinsi, maka saya Jems Tuuk akan mati matian memperjuangkan agar aspirasi ini dapat terealisasi,”.

Menarik dalam reses tersebut, kebanyakan warga mengharapkan agar Jems Tuuk mencalonkan diri kembali sebagai legislator. Karena diketahui, Tuuk tidak mencalonkan diri lagi.

“Kami mendukung pencalonan kembali Pak Jems Tuuk sebagai anggota DPRD dari Dapil Bolmong Raya,” sebut Hanock.

“Saya akan maju kembali sebagai calon anggota DPRD Provinsi apabila mendapat restu dari keluarga, terutama istri selaku partner hidup,” jawab Tuuk.

Untuk aspirasi, Jems Tuuk menyakinkan jika aspirasi yang diterimanya saat ini akan diperjuangkan.

“Masih memiliki waktu 18 bulan lagi dalam jabatan sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara perwakilan Dapil Bolmong Raya. Di sisa waktu masa jabatan saya yang ada ini, saya akan pakai dengan sebaik-baiknya untuk menyuarakan aspirasi masyarakat Bolmong Raya yang saya wakili,” tandas Tuuk.

Dalam reses dihadiri tokoh masyarakat (tomas) Sangadi Desa Tanjung Sidupa, Exporius Martin. Warga Tanjung Sidupa, Fredinand Damima. Desa Komus II, Heskiel Palandy. Desa Komus I, Ketua Jemaat GMIM Kalvari Komus I /Sekdes Alfein Kakomolen dan Komus II.

Tempat penyelenggaraan reses, Kel Lope- Kabuhong yang diketahui Ketua Jemaat Syaloom Tanjung Sidupa. (ely)