4 Wejangan Unik Simarmata Kepada Mahasiswa Praktek Kerja Di PN Manado

TOPIKSULUT.COM, MANADO – Selama 2-3 bulan belakangan ini, memang terlihat serombongan anak muda bekerja di PN Manado, yang ditugaskan di berbagai bidang. Dan sejak awal Mei 2018, seluruhnya sudah kembali ke kampus.

Saat dikonfirmasi pada Juru Bicara Pengadilan Hakim Vincentius Banar, apa yang dilatih Ketua PN Manado Edward Simarmata kepada para mahasiswa tersebut.

Dikatakan, KPN Simarmata tidak mengarahkan pada pembelajaran pada bidang hukum tertentu. “Beliau justru melatih, agar memahami prinsip-prinsip dasar, bagaimana menghadapi kondisi saat nanti di lapangan kerja,” ujar Jubir Hakim Banar , Kamis (10/5/2018) via pesan WhatsApp.

Jubir kemudian mengungkapkan ada 4 hal perlu diperlajari, sebagaimana dalam wejangan KPN Simarmata, yaitu :

1. Bahwa zaman sekarang sudah tidak bisa memilih bekerja dimana. Persaingan banyak. Tetapi, pekerjaanlah yang nanti memilih kita.

Yang artinya, Simarmata men-syaratkan, wajib menjadi pintar di kampus. Kenapa? Karena hampir semua lowongan kerja mensyaratkan pelamar mempunyai nilai IPK (Index Prestasi Kumulatif) tinggi.

“Gelar akademis hanyalah tiket semata, untuk melewati pintu seleksi masuk. Setelah masuk kerja, masih banyak tantangan lain yang perlu dikuasai,” terang Jubir sebagaimana dikatakan KPN.

2. Setelah bisa melalui pintu masuk, dalam organisasi kerja itu kemudian membutuhkan hal penting lain, yaitu harus melatih diri untuk bisa berguna.

Berarti, apapun nanti pekerjaan yang didapat, atau mau jadi apapun nantinya, yang lebih penting dari kepintaran dalam bekerja adalah kita bisa berguna.

“Baik itu berguna bagi organisasi, berguna bagi pimpinan, ataupun berguna bagi rekan sekerja.

Simarmata telah wanti-wanti, sepintar apapun kita, kalau tidak bisa berguna, akan jadi percuma saja. Makanya dari sekarang, para mahasiswa selalu latih diri untuk bisa berguna,” nasehat KPN.

3. Dan ini yang unik dari wejangan versi Simarmata. Latih diri untuk lebih banyak mendengar, dan selalu sigap bekerja

Bahwa , dari 5 (lima) panca indra yang ada dalam diri manusia, yang paling berguna dalam dunia kerja setidaknya dalam 10-15 tahun pertama bekerja, adalah Indra Pendengaran.

“Latih diri untuk lebih banyak mendengar, dan selalu sigap bekerja. Diri kita akan lebih cepat berkembang, kalau memgawali pemahaman tugas dari pendengaran, baru kemudian menggunakan indra lainnya untuk bekerja,” ucap KPN dengan bijak.

4. Berdoalah senantiasa. Semoga keberuntungan selalu ada di pihak kita.

Nah, dengan berdoa , harapan , semoga nanti dapat diterima bekerja , apapun itu pekerjaan yang diperoleh.

“Berdoalah, jika nanti saat bekerja, bisa dipimpin oleh pemimpin yang baik.
Berdoalah senantiasa, semoga nanti saat bekerja, dikelilingi oleh rekan kerja yang baik. Berdoalah senantiasa , agar kita selalu dapat menjadi manusia yang berguna,” ajak KPN , agar kita selalu mengingat kepada Yang Kuasa pemilik Khalik Langit dan Bumi.

Namun, jika kenyataan tidak sesuai harapan, Simarmata kemudian mengatakan jika situasi yang dihadapi tidak seperti yang diharapkan, hadapilah dengan tegar, dan percaya diri.

“Pahamilah, tidak ada situasi yang selamanya begitu. Selalu berubah. Ada naik ada turun. Bergeser ke kiri atau geser ke kanan.

Nikmatilah masa muda dengan penuh kegembiraan. Hidup ini hanya satu kali, Jangan sia-siakan. Gali semua kemampuan terbaik diri. Jangan ragu mencoba,” tambah Jubir Banar mengulang dorongan semangat kepada para mahasiswa dari KPN Simarmata.

Tapi bagaimana caranya ?, dan menurut Simarmata , selemah apapun kita, tetaplah maju bergerak.

“Jangan diam, apalagi melamun. Tidak ada jalan pintas. Semua tahap harus dilalui. Dipraktekkan. Dikerjakan, dan berkembang terus menerus,” pungkas Hakim Banar dalam wejangan KPN Simarmata. (ely)