Harkitnas Ke 110 Wabup Frangki Wongkar SH Jadi Irup

Topiksulut.Com _Momentum penting dan sakral dilaksanakan dihalaman kantor Bupati Minahasa Selatan Dalam kaitan kegiatan sakral tersebut dilaksanakan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), pada Senin (21/5/2018) diperingati dalam upacara pengibaran bendera.

Dalam upacara ini bertindak selaku inspektur upacara (irup) di halaman Kantor Bupati Minsel, Wakil Bupati (Wabup) Minsel Franky Donny Wongkar SH mewakili Bupati Dr Christiany Eugenia Paruntu SE.

Harkitnas tahun 2018 ini mengusung tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Di Era Digital”.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati memberikan arahan,bersamaan dengan hal itu Wabup Franky Wongkar membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara.

“Bersatu, adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia, namun pada saat yang sama tantangan yang mahakuat menghadang di depan,” ujar Wabup Franky Wongkar.

Ditambahkannya, butir kelima dari Nawacita Kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan
kualitas pendidikan dan pelatihan.

“Pada awal tahun ini, visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) pada tahun
2019. Melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada tahun-tahun sebelumnya,” kata Wabup Franky Wongkar.

Oleh sebab itu, Bapak Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan selalu mendorong dunia pendidikan, bekerja sama dengan industri dan bisnis, untuk mencari terobosan-terobosan baru dalam pendidikan vokasi.

“Jurusan-jurusan baru, baik di tingkat pendidikan tinggi maupun juga di tingkat menengah, yang berkaitan dengan keahlian dan ilmu terapan, harus selalu diciptakan untuk memasok industri akan tenaga terampil yang siap kerja,” tukas Wabup Franky Wongkar.

Upacara ini diikuti juga oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Minsel, Kapolres Minsel AKBP FX. Winardi Prabowo SIK, Pabung Minsel Jemmy Lotulung, Perwakilan Kejari Minsel, dan Perwakilan Rutan Amurang.

Hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama Minsel Jansje Rumondor S.Th, Asisten I Drs. Handrie Sondakh, Asisten II Decky Keintjem, Asisten III James Tombokan, para pejabat Eselon II dan III, para Camat, PKK Minsel, Dharma Wanita Minsel.

Karang Taruna, KNPI, FKPPI, Toar Lumimuut Minsel, siswa Balai Diklat Pelayaran Minsel bahkan siswa-siswa dari beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Minsel dan para undangan lainnya.(hemsi)