Keamanan PN Manado Ketat, Kiky Satpam ‘Tanpa Senyum’, Diprotes Pengacara?

TOPIKSULUT.COM, MANADO – Beberapa hari ini banyak pemberitaan teror bom, dan perintah Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Manado Edward Simarmata SH LLM MTL sangat tegas sekali. Periksa ketat setiap orang yang masuk ke pengadilan.

Dan pria berperawakan tegap, berkepala plontos, dan berwajah garis tegas ‘tanpa senyum’ ini, yang keseharian bertugas satuan pengamanan (satpam) PN Manado , Kiky – panggilan akrab Krisby Kapile , benar benar menjalankan perintah itu.

Tapi mengingat suasana di Bulan Suci Ramadhan, Kiky lupa senyum atau memang sudah begitu perawakannya. Sampai sampai, ketika disapa salah satu pengacara , saat yang bersangkutan mengucapkan salam kepada Kiky yang sementara tugas jaga , namun tidak disapa balik dengan ramah olehnya.

Dan sempat terjadi adu mulut di lobi kantor, dan dilerai oleh Panitera Refly Batubuaja.

Pengacara yang tengah bersidang perkara Tipikor di PN Manado itu kemudian melayangkan protes keras kepada Ketua PN Manado Edward Simarmata.

Terkait itu, KPN Simarmata melalui Juru Bicara Pengadilan Hakim Vincentius Banar SH MH ketika dikonfirmasi awak media membenarkan adanya protes itu.

“Iya benar, Chandra – seorang pengacara, yang tengah bersidang perkara Tipikor di PN Manado, melayangkan protes keras kepada Ketua PN Manado Edward Simarmata,” ujar Hakim Banar, Selasa (22/5/2018).

Menurut Hakim Banar, Pasalnya, di bulan suci Ramadhan ini, ketika memasuki lingkungan pengadilan, yang bersangkutan mengucapkan salam kepada Krisby Kapile – petugas Satuan Pengamanan yang tugas jaga, namun tidak disapa balik dengan ramah.

Ketika pengaduan diterima oleh Simarmata, beliau mengundang pelapor, dan menjelaskan, “Pak Chandra, memang tugasnya dia menjaga ketertiban. Apalagi belakangan ini banyak teror di tempat lain,” ujar hakim Banar mengutip perkataan KPN pada pengacara Chandra waktu itu.

Lagi menurut hakim Banar, “Memang beberapa hari ini perintah Ketua PN sangat tegas sekali. Periksa ketat setiap orang yang masuk ke pengadilan. Jadi mungkin sangkin tegangnya menjalankan perintah pimpinan, sampai lupa senyum kepada tamu,” sambung Hakim Banar.

Ketika ditanya, apakah Kiky – panggilan akrab Krisby Kapile, akan dikenakan sanksi oleh Ketua PN.

“Kiky justru tidak ditegur. Kata Simarmata, yang salah justru beliau sendiri (Ketua PN – red). Kenapa waktu beri perintah periksa setiap tamu pengadilan, beliau lupa katakan, tetap senyum selama melayani pencari keadilan,” ujar Hakim Banar sambil tersenyum simpul.

Lalu, apa yang akan dilakukan Simarmata kepada Kiky.

“Karena sudah bekerja baik, Simarmata justru akan mentraktir Kiky, mengajak nonton film bioskop pada akhir minggu ini,” tutup Hakim Banar, bikin tergelitik ketawa atas respon KPN terhadap Kiky yang akan ditraktir nonton film. (ely)