Sisakan Rp. 9 Miliar SHT, Dana DAK Pemprov Sulut Sebesar Rp. 293 Miliar Pekan Depan Siap di Realisasikan

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp.303.000.000.000 Miliar, pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam hal ini Badan Keuangan Daerah langsung action.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Kepala Badan Keuangan Setdaprov Sulut Asiano G. Kawatu ketika ditemui awak media siang tadi (23/72018) disela-sela kesibukkannya. Menurutnya saat ini untuk dana DAK sendiri telah selesai melakukan penanda tanganan kontrak bagi SKPD yang mendapat bagian dalam pengelolaan dana DAK di satuan kerja masing-masing.

Menurut Kawatu dari jumlah tiga ratus miliar sekian tersebut, sudah terkontrak sejumlah Rp. 293.000.000.000 miliar.

“Khusus Pemprov Sulut dana DAK itu Rp. 303.000.000.000 miliar dan yang telah di kontrak senilai Rp. 293.000.000.000 miliar, jadi masih ada Rp. 9.000.000.000 miliar yang menjadi SHT (Sisa Hasil Tender), dan itu sudah masuk pada aplikasi Kementerian Keuangan sejak pekan lalu, dan jika tanpa halangan pekan depan akan segera cair”, bebernya.

Namun begitu, Kawatu mengatakan bahwa tidak semua SKPD akan mendapat dana DAK.
“Tidak semua SKPD kebagian dana DAK, yang paling besar itu ada empat SKPD, seperti Dinas PU yang menerima dana DAK paling besar, diikuti oleh Dinas Kehutanan, Pendidikan, Pariwisata, Kesehatan (RS Noongan dan RS tipe B) serta Dinas Kelautan dan Perikanan”, tambahnya.
Lebih lanjut, menurut Kawatu, pihak Kementerian Keuangan selaku yang memberikan DAK sangat waspada dan ketat dalam memberika DAK, untuk iti Kawatu berharap bagi setiap SKPD yang menerima DAK ubtuk dapat mengolah dan mengoptimalkan dana DAK tersebut sebaik mungkin.
“Harus langsung action, kelola dan manfaatkan DAK ini sebaik mungkin, karena Kementerian Keuangan sangat ketat dan waspada dalam mengontrol dan membagikan DAK ini, kalau sampai ada kesalahan dan tidak terserap dengan baik, bisa dipastikan tidak akan menerima dana DAK ditahun berikut”, jelasnya sembari berharap agar setiap SKPD sesuai dengan himbauan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE agar dapat menggunakan dana DAK kali ini sebaik mungkin. (Chris)