Berbagi 51 Ekor Hewan Qurban, Gubernur : Pemerintah Hadir Untuk Rakyat

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN – Jelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) yang dinakhodai oleh Dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, pagi tadi (Selasa /21/8/2018) bertempat halaman belakang kantor Gubernur Sulut telah menyerahkan hewan Qurban bagi Masjid yang ada di 15 Kabupaten/kota.

Dalam laporannya, Kepala Biro Kesra Setdaprov Sulut Dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS mengatakan bahwa pemberian hewan Qurban pada perayaan Idul Adha kali ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat dan umat muslim.

“Ini adalah bentuk kepedulian pemerintah bagi umat muslim, juga untuk menumbuh-suburkan rasa kebersamaan antar pemerintah dan masyarakat”, jelas Karo Kesra yang juga diketahui merupakan isteri dari Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw.

Dalam kesempatan itu pula, Dr. Devi membeberkan bahwa jumlah sapi yang akan di Qurban-kan pada tahun 2018 ini sejumlah 50 ekor sapi dari Setdaprov Sulut dan 1 ekor dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang akan dibagi di 15 Kabupaten / Kota di Sulut.

“Untuk diketahui bahwa jumlah sapi yang akan diserahkan pada hari raya Idul Adha kali ini ada peningkatan besar, jika tahun lalu hanya 10 ekor, kali ini melonjak hingga 50 ekor dari Setdaprov, ditambah 1 ekor dari Presiden. Adapun anggarannya diambil dari APBD Biro Kesra Setdaprov Sulut”, jelasnya.

Sedangkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran pemerintah ditengah-tengah masyarakat merupakan bagian daribtugas pemerintah.

“Inilah fungsi pemerintah, dari rakyat untuk rakyat. Kiranya momentum ini bisa mengajarkan kita tentang kepedulian antar sesama”, jelas Gubernur.

Gubernur pun menghimbau agar kiranya pembagian hewan Qurban kali ini dapat dibagi secara merata.

“Saya harap Qurban ini bisa dibagi secara merata, terutama bagi sesama kita umat muslim yang membutuhkan, agar semua bisa merasakahan Rahmat Tuhan”, tambah orang nomor satu di Sulut tersebut.

Lebih lanjut, Gubernur pun mengatakan bahwa untuk hewan Qurban, pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus berkomitmen untuk menambah jumlah hewan Qurban setiap tahunnya.

“Kami berkomitmen untuk menambah jumlah hewan Qurban semakin banyak setiap tahunnya, karena kami sadar jumlah umat muslim dan masjid di Sulawesi Utara ada ratusan, biar semuanya bisa kebagian, intinya kalau PAD kita bertambah jelas APBD kita juga bertambah maka akan lebih banyak Qurban yang dibagi”, bebernya, sembari mengatakan bahwa untuk hewan Qurban dari Presiden akan disalurkan bergilir ditiap tahunnya.

“Kalau milik Presiden akan digilir di masjid yang berbeda tiap tahunnya”, tambah Gubernur.

“Kiranya juga melalui momentum ini kita bisa semakin mendekatkan diri kepada Tuhan dengan ucapan syukur dalam berbagi dengan sesama”, harapnya.

Adapun sesuai data dari Biro Kesra Setdaprov Sulut, 50 ekor hewan Qurban yang diambil dari khas daerah memiliki berat masing-masing 300-350kg, sedangkan untuk hewan Qurban dari Presiden memiliki berat 1.100kg.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Asisten II Setdaprov Sulut Muhamad R. Mokoginta, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulut Marly Gumalag, Kepala Biro Perlengkapan Setdaprov Sulut Jemmy Ringkuangan, Wakil Ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut, serta perwakilan dari masjid-masjid penerima bantuan lainnya. (Chris)