Terima Penghargaan dari KEMENKEU, Ketua DPRD Kota Manado Apresiasi Kinerja Walikota Manado

TopikSulut.com,Manado – KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Manado atas keberhasilan menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2017, sehingga memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima langsung Walikota DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wawali Mor Dominus Bastiaan SE serta Ketua DPRD Kota Manado dari Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Muhdi SE SIP MIS PhD, di ruang kerja Senin (15/10) sore tadi. Penghargaan tersebut diberikan Kemenkeu RI sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap upaya sungguh-sungguh Pemkot Manado agar terus memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan negara sebagai fondasi kuat dalam mewujudkan Indonesia yang mandiri dan berdaya saing.

Menanggapi prestasi ini Ketua DPRD Kota Manado Nortje Van Bone mengatakan penghargaan ini berkat sinergitas antara eksekutif dan legislatif yang  terus berjalan baik, dan diharapkan agar prestasi yang telah didapatkan bisa sampai tahun berikutnya.

Baca juga:  PN Manado Meluruskan Istilah Vulgar 'Ijin Sexual'. Ijin diluar Kedinasan Termasuk Kepentingan Keluarga, 2 Hari Kerja

“Prestasi ini wajib dipertahankan karena sesuatu pengelolaan keuangan daerah yang baik dan akuntabel. Tentunya ini telah membuktikan kinerja Pemerintahan yang begitu baik,” terang politisi Demokrat ini.

Walikota Vicky Lumentut berterima kasih atas penghargaan yang diberikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melalui Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut.

“Terima kasih saya selaku Walikota Manado atas penghargaan yang diberikan Menteri Keuangan. Opini WTP yang diberikan BPK RI merupakan hasil kerja keras penyampaian laporan keuangan sesuai akuntabilitas pengelolaan dan pertanggung-jawaban keuangan pemerintah daerah. Kami berupaya bagaimana kami dapat melakukan penyusunan laporan keuangan sesuai kaidah akuntansi keuangan pemerintah,” tukas Walikota.

 

 

Lanjut dikatakan Walikota Vicky Lumentut, dengan penghargaan yang diberikan Menteri Keuangan tersebut memicu semangat dan komitmen untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan sistem pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel untuk kesejahteraan masyarakat Kota Manado. Sementara itu, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut Muhdi SE SIP MIS PhD, menjelaskan penghargaan dari Kemenkeu RI itu diberikan kepada 93 entitas Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah Provinsi, Kota, dan Kabupaten di Indonesia.

Baca juga:  KARNAVAL SEBELUM MEMASUKI MASA PRA-PASKAH

“Ini adalah tindaklanjut dari Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 yang digelar Direktorat Jenderal Perbendaharan Negara di Jakarta pada tanggal 20 September lalu. Kami juga telah menyerahkan penghargaan yang sama kepada Walikota Bitung, Walikota Tomohon dan Bupati Minahasa,” ujarnya didampingi Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran Yovi Candra. (Adv)