Dihadapan Bupati-Walikota, Mantiri Presentasikan Kiat Bitung Menjadi Kota Bersih

Berita Utama, Bitung182 Dilihat

TopikSulut,Bitung- Wakil Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri memaparkan kiat Kota Bitung menjadi bersih lingkungan, saat menjadi narasumber pada kegiatan Advocacy Horizontal Learning yang digelar Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) di Hotel Best Western, Banjarmasin, Kamis (22/11/2018).

Saat itu Mantiri memaparkan kiat-kiat Pemerintah Kota Bitung dalam menjaga kelestarian lingkungan serta upaya dalam rangka pengelolaan sampah daerah.

“Pemerintah Kota Bitung bersama Forkopimda saat melakukan kegiatan selalu membawa Tumbler sebagai pengganti minuman plastik, bahkan kampanye Bawa Tumbler sudah dilakukan masyarakat pada saat kegiatan-kegiatan budaya maupun keagamaan,” tutur Mantiri

Bahkan Pemerintah Kota Bitung kata Mantiri tidak segan untuk mengganti Kepala Kelurahan apabila tidak mampu menggerakkan masyarakat untuk mulai membawa tumbler dan melakukan gerakan diet plastik.

Baca juga:  49 Calon Anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara Jalani Tes Psikologi

Pada tahun sebelumnya Pemerintah Kota Bitung juga telah berupaya mensosialisasikan kepada pengguna kendaraan bermotor untuk tidak membuang sampah dijalan, hal tersebut kata Mantiri sangat efektif apabila disampaikan berulang-ulang kepada masyarakat lewat semua media yang ada.

“Sehingga kebiasaan bersih, membuang sampah pada tempatnya, menjaga lingkungan menjadi budaya masyarakat Kota Bitung,” tutupnya

Sementara itu Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyampaikan kegiatan itu merupakan bagian dari program kerja Akkopsi pusat tentang pengelolaan sampah di sungai dan pesisir yang diikuti 78 kabupaten dan 30 kota se-Indonesia. (hzq)