oleh

Cara tepat untuk memulai bisnis di usia muda

-Tips/Artikel-168 views

Penulis: Vanessa Sigar
Jurusan Ekonomi Akuntansi
Universitas Katolik De La Salle Manado

Kalau bisa sukses muda kenapa tunggu tua? Banyak dari kita yang ingin menjadi sukses benarkan? Banyak juga yang ingin membuka usaha tapi terhalang dengan Modal, sepertinya modal dijadikan alasan untuk menunda kesuksesan padahal aslinya memang malas untuk berusaha, tolong rubah cara pikir kalian jika modal jadi penghalang untuk sukses sebenarnya yang membuat anda tidak sukses sampai saat ini adalah pola pikir anda, kenapa demikian karena dalam pikiran anda jika ingin membuat usaha harus memiliki modal besar benarkan? Jangan berprinsip harus ada modal untuk memulai usaha coba dibalik harus ada usaha untuk menghasilkan modal itu.

Memang susah tapi tidak ada cara muda untuk menjadi orang sukses, saya katakan seperti ini karena jika ingin sukses anda memerlukan perjuangan dan pengorbanan, yang punya uang saja seperti itu apalagi kita yang tidak punya uang.

Modal bukan syarat menjadi sukses tapi TAHAP untuk sukses maksudnya jika anda berpikir modal adalah suatu TAHAPAN maka anda akan brusaha untuk melewatinya seperti misalnya jika kita ingin kuliah kita harus melewati TK,SD,SMP dan SMA, usaha yang harus kita lakukan adalah:

1. Carilah modal sendiri
Jika belum punya uang untuk mendapatkan modal anda harus belajar mendaptkan modal, jika belum mendapatkan modal juga berarti anda belum belajar alias malas.
Belajar pada siapa untuk mendapatkan modal? Jawabanya adalah banyak tempat untuk anda belajar misalnya teman,saudara, tetangga yang sudah memiliki usaha anda bisa tanyakan kepada mereka tips untuk mendapatkan modal barangkali apa yang menjadi pengalaman mereka bisa menjadi motivasi untuk anda dapat menghasilkan modal dan belajarlah dari pengalaman mereka.
“kesuksesan datang dari mereka yang mau mencoba”

2. Miliki kemampuan bernegosiasi atau public speaking
Tidak selamnya sesuatu harus dimiliki dengan uang, anda bisa bernegosiasi untuk mendapatkan uang yang anda perlukan, untuk itu memiliki kemampuan bernegosiasi sangat penting ada yang mengatakan kemampuan bernegosiasi adalah kemampuan yang bernilai milyaran, karena dengan bernegosiasi anda bisa mendapatkan produk untuk dijual jika mau bernegosiasi dengan pemilik produk, anda bisa mendaptkan saluran pemasaran dengan bernegosiasi dengan para distributor, jika gagal benegosiasi dengan 1 orang coba lagi dengan orang lain asah kemampuan bernegosiasi anda, dan orang lebih tertarik dengan kemampuan anda untuk menjelaskan maksud dan tujuan anda karena dari cara berbicara anda dapat menarik perhatian seseorang untuk dapat bekerja sama dengan anda.
“ jika anda menciptakan pengalaman yang luar biasa para pelanggan akan saling menceritakannya, kata-kata yang keluar dari mulut anda sangat berkuasa”

3. Pilihla hobby yang anda sukai untuk dijadikan usaha
Menjalani sesuatu dengan passion akan membuat seseorang lebih santai dan tidak menjadi beban karena kita mengerjakaan-nya dengan sepenuh hati, temukan lebih dulu hobby apa yang ingin anda tekuni misalnya hobby memasak, make up, online, traveling anda harus menentukan hobby anda dan fokuslah untuk dijadikan bisnis dan pililah hobby yang menguntungkan dan berguna atau yang disukai banyak orang.
“ sukses berarti melakukan yang terbaik yang kita miliki saat ini “

4. Tentukan target pemasaran anda
Jika anda ingin melakukan bisnis sesuatu anda harus mencari tau target pemasaran anda misalnya anda ingin berusaha kuliner, dalam berbisnis kuliner tentunya target pemasaran anda adalah semua orang, karena semua orang di dunia ini memerlukan makanan bukan? Jadi anda tidak perlu kuatir untuk menjalankan bisnis anda karna target pemasaran anda adalah semua orang.

“ mulai saja dulu, semua bisnis besar dimulai dengan bisnis kecil”

Pesan saya, jika anda tidak membangun mimpi anda maka seseorang akan mempekerjakan anda untuk membangun mimpi mereka, ingat setinggi apapun pangkat yang anda miliki anda tetaplah kariawan dan sekecil apapun usaha yang anda miliki anda adalah BOSnya dan ingat di dunia yang berubah sangat cepat strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil resiko.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed