oleh

SOLUSI MENGURANGI PESTA MIRAS

-Tips/Artikel-242 views

Pada zaman sekarang ini siapa lagi yang tak kenal akan kata “ MIRAS “ atau sering di sebut deng minuman keras. MIRAS identik dengan pesta, di setiap ada pesta di situ pasti ada minumam keras tidak ada miras maka tak ada pesta. Di Sulawesi Utara memiliki minuman keras yang banyak kita sudah tau ialah cap tikus, minumam keras asal Sulawesi utura ini sangatlah tinggi akan kandungan alkoholnya. Dengan semakin tingginya alkohol yang dimiliki dalam minuman maka orang yang meminum minuman keras ini akan cepat kehilangan kesadaran mereka, maka bisa dikatakan jika seseorang yang telah mengalami kehilangan kesadaran akan minuman keras bisa di katakana orang itu telah mengalami mabuk akan miras. Dan hal inilah yang paling fatal, mengapa hal ini bisa menjadi hal yang sangatlah fatal ? kebayakan orang yang sudah mabuk akan melakukan hal-hal yang tidak lagi waras contohnya ; melakukan tindakan kekerasan terhadap orang di sekitar mereka maupun di lingkungan tempat mereka melakukan pesta miras dan juga bisa sampai ke tindakan pembunuhan terhadap seseorang, tindakan ini bisa terjadi di karenakan seseorang yang sebelum meminum minuman keras memiliki dendam atau perasaan yang kurang mengenakkan terhadap seseorang, atau juga bisa karena sakit hati, cemburu dan masih banyak lagi. Akhir-akhir ini sempat heboh di manado akan kasus penikaman yang menyebabkan korban meninggal dunia, diketahui pelaku melakukan penikaman di karenakan korban menolak minuman keras yang mengakibatkan si pelaku tak terima akan tolakkan itu maka pelaku pun langsung melakukan penikaman terhadap korban. Setelah di tangkap pelaku mengaku bahwa ia melakukan tindakan tersebut di karenakan pengaruh minuman keras dan gelap mata dan emosi.
Maka dari itu pemerintah harus segera bertindak cepat dalam menangani hal ini. Karena bukan hanya satu kasus saja yang menyangkut mengenai efek samping dari minuman keras bahkan bisa ratusan maupun ribuan kasus yang terjadi pada setiap tahunnya di Kota Manado dikarenakan minuman keras. Kiranya pemerintah lebih tegas dalam mengatasi pesta MIRAS ini karena sangat menggangu kenyamanan masyarakat terutama bagi sebagian orang yang beraktivitas di malam hari, Contohnya ;
1. Pemerintah harus turun lapangan untuk melihat apakah produsen ini sudah mempunyai hak izin berusaha, jika blum maka pemerintah harus bertindak tegas dengan langsung menutup perusahaan tersebut di karenakan tidak mempunyai izin berusaha.
2. Pemerintah harus mensosialisasikan mengenai efek samping dari meminum minuman keras kepada seluruh kalangan masyarakat
3. Pemerintah harus membuat team untuk mencari tempat penjualan minuman keras di warung-warung kecil dan jika terdapat menjual minuman keras langsung di tindak lanjut kepada pihak yang berwenang.
4. Kiranya pemerintah memberi penghargaan terhadap suatu wilayah yang tidak pernah terdapat kasus akibat minuman keras, sehingga ketika masyarakat akan melewati wilayah tersebut masyarakat akan merasa aman.
5. Pemerintah harus bekerja sama dengan pihak keamanan POLRI/TNI untuk selalu melakukan patroli di titik yang sering melakukan pesta MIRAS.
Mengingat juga ini sudah bulan desember di mana Kota Manado yang mayoritasnya beragama kristen akan merayakan hari natal, kiranya pemerintah harus membuat kondisi keamanan di Kota Manado aman dari segala tindakan kekerasan, pesta miras, dan tindakan yang lain yang menggangu kesejahteraan masyarakat Kota Manado. Sehingga masyarakat Kota Manado dapat merayakan hari natal dengan saling berbagi kasih bukan saling berbagi minuman keras, sekian dan terima kasih.

Matius Triwibowo
Fakultas Ekonomi, Akuntansi
Universitas Katolik De La Salle Manado

News Feed