oleh

Mantiri : Generasi Milenial Harus Paham Tentang Bela Negara

TopikSulu,Bitung- Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri mengatakan, siswa perlu memahami pentingnya wawasan kebangsaan dan bela negara. Hal itu dikatakannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Penguatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi Generasi Milenial Siswa SMA dan SMK kota Bitung yang digelar di SMA Negeri 1 Girian, kota Bitung, Senin(14/1).

Dalam kesempatan itu Mantiri mengatakan, ini penting karena bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi tentang esensi Bela Negara sesungguhnya dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan Bela Negara dalam aktifitas keseharian sesuai dengan kapasitas para Siswa.

“Jika sudah mengerti dan mampu melakukannya nanti bisa ditularkan kepada semua teman-temannya.” Ujar Mantiri.

Lanjut Mantiri, diharapkan siswa-siswi dapat memberikan kontribusi bagi upaya menciptakan ketahanan di lingkungan masing-masing, serta dapat menjadi bagian dari komponen rakyat dan terlatih dalam mendukung tergelarnya Sistem Pertahanan Rakyat Semesta. Menurutnya Para sisiwa-siswi dapat menjadi kader yang mampu mengembangkan Bela Negara di lingkungannya dimana pengetahuan dan keterampilan yang telah diterima saat ini dapat membekali para siswa menjadi generasi penerus yang akan menerima estafet kepemimpinan bangsa dan negara di masa depan.

Mantiri menambahkan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara tidak diartikan sebagai bentuk Militerisasi di lingkungan Pelajar, namun semata-mata merupakan salah satu upaya meningkatkan pemahaman tentang substansi bela Negara kepada seluruh warga Negara termasuk didalamnya kalangan pelajar, sesuai amanat pasal 30 UUD 1945.

“Upaya kongkrit unuk menumbuhkan kesadaran bela Negara itu perlu terus dibangun dalam berbagai lingkungan kehidupan masyarakat, termasuk di lingkungan sekolah. Dengan demikian, hak dan kewajiban bela negara tersebut, benar-benar dapat dilaksanakan dengan baik oleh setiap warga Negara, agar kita dapat menjamin tetap tegak, utuh, dan bersatunya Negara Kasatuan Republik Indonesia yang bedasarkan Pancasila dan UUD 1945,” tukas Mantiri

Mantiri berharap Bela Negara ini menjadi penting untuk terus dipelihara dan dikembangkan setiap warga negara termasuk para siswa karena menjadi sesuatu hal yang legal dan dipayungi konstitusi Negara yang sangat kuat.

Adapun dalam pelaksanaan kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber lainnya yakni, Asisten I Provinsi Sulut Edison Humiang dan anggota DPRD Sulut, Dra. Adriana Dondokambey. (hzq)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed