oleh

Pengurus Dewan Pastoral Paroki dan Wilayah Rohani Paroki St.Ignatius Manado Dilantik

TOPIKSULUT.COM, MANADO  – Atas nama Uskup Keuskupan Manado, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Keuskupan Pastor Dr John Montolalu Pr, mengukuhkan sekaligus mengutus dalam tugas pelayanan Gereja para Pengurus Dewan Pastoral dan Wilayah Rohani Paroki St. Ignatius Manado melalui Perayaan Ekaristi Kudus, Minggu (20/01/2019) pagi.

DPP PLENO PAROKI ST.IGNATIUS MANADO

Pastor John atas nama Uskup Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC menyampaikan terimakasih sekaligus memberi apresiasi kepada para pengurus Dewan Pastoral dan pengurus Wilayah Rohani Paroki masa pelayanan Januari 2019 – Januari 2022, atas kerelaan dan pemberian diri dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab kaum awam dalam pelayanan gerejawi dalam persekutuan iman umat Paroki St Ignatius Manado kedepan.

“Proficiat dan selamat melayani kepada saudara saudari atas kerelaan mau bersedia melakukan karya-karya pastoral di paroki dan pengembangan iman umat paroki,” ungkap Pastor John.

Foto Bersama Rayon 7

Dengan melaksanakan tugas dan tanggungjawab pelayanan pastoral, tambah pastor, para pelayan ini justru menghadirkan dan menampakkan Yesus di tengah umat dan masyarakat.

Dalam renungan Firman Tuhan, Sekjen Keuskupan Manado ini merujuk kisah Perkawinan di Kanna dimana Yesus melakukan mujizat, mengubah air menjadi anggur lezat. Di sini, Pastor John menyebut terdapat dua peran yang dilakukan baik oleh pemimpin pesta maupun pelayan pesta yang berakhir pada tindakan mujizat Yesus.

Struktur DPP Pleno

Selaku penanggungjawab acara, sang pemimpin pesta menjamin seluruh rangkaian acara dijamin berlangsung dengan baik, termasuk menu yang dihidangkan adalah yang terbaik, sehingga membuat semua undangan yang hadir merasa puas.

Struktur DPP Pleno

Namun dibalik itu, ada peran yang dilakukan para pelayan, yang memiliki tugas dan tanggungjawab untuk melayani para undangan yang hadir. Uniknya, Maria yang adalah Ibunda Yesus yang hadir sebagai undangan, ikut berperan membantu tugas pelayan dengan menyampaikan adanya kekurangan anggur yang dialami tuan pesta kepada anaknya, Yesus.

Dalam konteks membangun persekutuan Umat Allah melalui Gereja, berbagai peran dibutuhkan agar segala sesuatu yang akan dilakukan termanajemen dengan baik guna menghantar umat beriman semakin dekat dengan Tuhan. Managemen seorang pemimpin, sangat dibutuhkan dimana seluruh organ Gereja ikut memainkan peran untuk mendukung misi organisasi.

Pastor Paroki yang merupakan pemimpin umat, haruslah menjamin bahwa menu iman, ajaran moral dan liturgi merupakan menu yang terbaik untuk umat dan perjalanan hidup ini berakhir pada tujuan untuk keselamatan. Para pelayan yang dipilih dan berasal dari umat beriman, diharapkan menuangkan berbagai talenta yang dimiliki sehingga organisasi umat beriman, semakin maju sebagaimana diprogramkan bersama.

Pelayanan dengan managemen hati, sebagaimana ditampilkan Maria ibunda Yesus, justru melampaui sistem managemen pelayanan formal yang sudah ditetapkan sesuai job discription. Untuk itu, para pemimpin dan pelayan dalam organisasi Gereja diharapkan mampu menghadirkan dan menampakkan kemuliaan Yesus melalui tugas dan tanggungjawab pelayanan baik di tengah umat beriman maupun di tengah masyarakat luas.

Pastor Paroki St.Ignatius Manado Pastor Damianus Yangko Alo, Pr  mengajah untuk semua Pengurus yang baru di lantik, untuk dapat benar melaksanakan tanggung jawabnya kepada Gereja, Umat terlebih pada Tuhan, ” kita sama sama membangun Gereja kita ke arah yang lebih baik, kita melayani Tuhan dengan segenap hati kita.” Ujar Alo.

(LL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed