oleh

Instruksikan Sukseskan Pemilu, JS Layak Dapat Penghargaan KPU

TopikSulut.com-RATAHAN-Ide brilian selalu saja lahir dari sosok pejabat bertangan dingin James Sumendap SH. Dalam setiap waktu, sang aktor pembangunan Minahasa Tenggara (Mitra), serta dikenal arsitek politik Indonesia, khususnya di PDI Perjuangan, muncul konsep-konsep besar.

Lihat saja soal agenda besar nasional oleh lembaga Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang mendapat mandat untuk melaksanakan tugas melahirkan pemimpin negeri, yakni Pemilihan Umum (Pemilu). Dimana, belum lam melakukan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemilu dan Rakor Pemilu di tingkat provinsi, Mitra pun langsung menggelarnya.

Tercatat, dari hampir 600 kabupaten kota se Indonesia, baru Kabupaten Mitra yang menggelar Rakor Pemilu Kabupaten Mitra. Tak berlebihan juga, kalau JS, mendapatkan penggargaan dari KPU RI, sebagai pihak penyelenggara.

“JS bukan hanya memikirkan dan mementingkan program-program daerah, tapi pemimpin yang juga berpikir nasional. Maka, sangat layak dapat apresiasi dari KPU pusat dan pemerintah pusat,” ujar tokoh pemuda dan juga LSM ternama Mitra Viddy Ngantung.

Dan acara ini betul-betul menjadi harapan besar JS. Pantauan wartawan Online Topik Sulut, acara ini berlangsung sangat spektakuker dan luar biasa.

Lapangan Ompi, Ratahan, yang menjadi pusat kegiatan, Senin (4/3), kemarin dibanjiri ribuan masyarakat. Dalam laporan Sekretaris Daerah Mitra Drs Robby Ngongoloy ME MSi, sekira 3.000 yang datang.

Yang lebih menarik dalam acara ini, ketika JS, yang dikenal Bupati Mitra ini menjadi moderator atau bertindak sebagai pemandu jalannya dialog, dengan pembicara yang kredibel, yakni Ketua Komisi Pemilihan Umum Mitra Wolter Dotulong SH, Kapolres Minahasa Selatan dan Mitra AKBP FX Winardy Prabowo SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos MSi, Ketua Bawaslu Mitra Drs Jobbi Longkutoy ME, Kepala Kejaksaan Negeri Minsel dan Mitra I Wayan Eka Miartha SH MH.

Dalam kesempatan ini, JS memberikan waktu narasumber memberikan materi tentang kesiapan masing-masing terkait pelaksanaan Pemilu. KPU bicara dari sisi kesiapan tahapan, yang saat ini masa kampanye dan waktu penyortiran surat suara, bahkan teknis hari H, 17 April 2019 mendatang yang sudah siap.

Sementara Polres dan TNI terkait skenario atau cara pengamanan, dan Bawaslu Mitra dari sisi pengawasan dan tindakan serta ancaman pidana Pemilu bagi yang melanggar, bahkan kepastian hak setiap warga negara wajib pilih.

“Yang pasti semua menyatakan kesiapannya menggelar Pemilu. Untuk itulah saya kumpul semua dalam Rakor Pemiliu ini, agar kita tahu bersama sejauh mana kesiapan kita. Sebagai yang bertanggungjawab di daerah ini, maka saya juga punya kewajiban untuk mensukseskan agenda ini, sampai pada jajaran dan masyarakat,” ujar Sumendap.

Untuk itu, JS menginstruksikan seluruh jajaran Pemkab Mitra, sampai para pengakat desa dan BPD, agar semua bekerjasama mensosialisasikan agenda besar dan mensukseskannya.

“Kita harus satu komando sukseskan Pemilu serentak 2019. Kita punya pilihan masing-masing untuk Indonesia kedepan, namun ingat kita harus memilih pemimpin yang terbaik untuk negeri dan daerah kita. Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) kita harus menjaga netralitas,” pesan suami tercinta Djein Leonora Rende SE Ak ini.

Lanjut bupati hebat ini, persatuan dan kesatuan, merupakan jembatan menuju Pemilu yang damai.

“Saya minta semua pihak terkait dapat mengkomunikasikan hal ini ke masyarakat. Rakorda ini bertujuan untuk mensukseskan Pemilu aman, tertib dan terkendali,” tandas JS, sembari mengapresiasi kehadiran stakeholder terkait. (Reagen)

News Feed