oleh

DPRD BolTim Berguru di DPRD Kota Manado

Topiksulut.com – DPRD Kota Manado menerima kunjungan kerja (Kunker) DPRD Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Rabu (20/03) di ruang komisi III DPRD Kota Manado. Kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Anggota DPRD Kota Manado Komisi III Markho Tampi dan Anita De Blouw.

kedatangan anggota dewan Boltim yang dipimpin Ketua Komisi III Reevy Lengkong mengatakan tujuan Kunker mereka terkait dengan informasi bentuk-bentuk pengawasan dan penganggaran mitra kerja di eksekutif Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

“Soal pengawasan dan penganggaran terhadap sejumlah kegiatan di masing-masing SKPD yang menjadi Mitra DPRD Kota Manado”, ujar Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Boltim, Reevy Lengkong.

Sementara Legislator Manado Markho Tampi menjelaskan bahwa mitra kerja Komisi III DPRD dalam hal pengawasan pihaknya intens melakukan koordinasi termasuk melakukan peninjauan lapangan terhadap realisasi program kerja.

“Mitra kerja seperti Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perkim dan lain-lain dan lembaga DPRD khususnya Komisi III selalu melakukan pengawasan terhadap program masing-masing SKPD,” jelas Tampi.

Sementara Anita De Blouwe, menambahkan Komisi III juga melakukan agenda turun lapangan meninjau realisasi kerja.

“Ada aspirasi yang juga perlu ditindaklanjuti dengan meninjau langsung dilapangan terkait kinerja dari mitra kerja,” ungkap Anita De Blouwe.

Seperti diketahui bersama bahwa secara umum fungsi pengawasan bertujuan untuk mengarahkan agar apa yang telah direncanakan sebelumnya dapat berjalan secara maksimal sesuai apa yang menjadi harapan bersama demikian pula halnya dengan fungsi pengawasan DPRD, meskipun hanya pengawasan yang bersifat politis, akan tetapi pada pengawasan ini juga diharapkan akan dapat menjadi kendali bagi pemerintah dalam menjalankan sistem dan mekanisme pemerintahan.

Secara khusus Pengawasan Legislatif, (DPRD) pada hakekatnya adalah lembaga pengawas yang bertugas mengawasi tindakan pemerintah daerah provinsi dan Kabupaten/Kota. Pengawasan legislatif ini tidak terbatas pada tatacara pemerintahan saja, tetapi juga terhadap tatacara penyelenggaraan keuangan daerah. Pengawasan legislatif merupakan pengawasan politik terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Sebagai mitra kerja eksekutif, DPRD perlu memberikan bantuan agar pelaksanaan amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) oleh pemerintah daerah dapat tercapai secara efisien dan efektif dari berbagai sudut pandang termasuk politik.

Di akhir kunjungan tersebut Markho Tampi dan Anita De Blouwe, mengapresiasi kepercayaan teman-teman anggota dewan boltim yang memilih lembaga DPRD Manado sebagai tujunga agenda kunker. (Liputan Khusus)

News Feed