Kunjungi Bitung, Menko Perekonomian Tinjau 3 Lokasi Ini

Berita Utama, Bitung173 Dilihat

TopikSulut,Bitung- Menko Perekonomian, Darmin Nasution, Minggu (31/3) mengunjungi Kota Bitung. Dalam kunjungan ini, Nasution meninjau beberapa lokasi diantaranya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo,  serta melihat langsung fasilitas Terminal Petikemas Bitung (TPB) Pelindo IV Bitung.

Kunjungan kerja Nasution ini, diawalli dengan mendatangi Kantor Administrator KEK Bitung, yang disambut Wali Kota Bitung, Max J Lomban SE MSi didampingi Wawali Ir Maurits Mantiri MM, serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Handry Tirayoh, serta pejabat Pemkot Bitung.

Dalam laporannya, Lomban memaparkan perjuangan panjang hingga KEK Bitung bisa mendapatkan rekomendasi. “Prosesnya cukup lama karena harus menunggu penerbitan sertifikat tanah dari BPN dengan ukuran 92.6 Hektar dari 534 Hektar yang tersedia, sekarang ini sudah selesai, tinggal menunggu action kedepan. Kami berharap, KEK Bitung dapat menjadi cikal bakal pertumbuhan ekonomi kawasan timur Indonesia,” ujar Lomban.

Baca juga:  Gelar Workshop Koleksi Museum, Lukas: Barang Yang Harus Dilindungi

Lanjutnya, Pemkot Bitung akan mendukung sepenuhnya KEK, agar semua berkolaborasi untuk kemajuan KEK Bitung. “Hari ini Pak Menko finalkan KEK Bitung, dan besok akan diresmikan Pak Presiden, investor jangan ragu lagi, karena KEK akan berkontribusi besar terhadap pengembangan Internastional HUB Port,” ujarnya.

Sementara itu, Menko Perekonomian, Darmin Nasution dalam kesempatan tersebut mengatakan, proyek nasional jalan Tol Manado – Bitung merupakan infrastruktur fisik yang sementara dibangun, kalau KEK itu, infratstuktur industry, keduanya untuk hidupkan ekonomi daerah.

“Sudah lama sekali ekonomi hanya di Pulau Jawa saja yang berkembang, kita ingin ekonomi lahir disemua daerah, karena daerah kita punya hasil bumi, seperti tambang, dan hasil laut yang banyak sekali. KEK ini didesain untuk melahirkan bergagai industri yang menghasilkan insentif yang baik,”ujar Nasution.

Baca juga:  Wah, Helmut Hontong Janji 9 Desember Bakal Berikan Surprise Bagi Olly-Steven

Dikatakannya, KEK akan berkembang dan bergantung pada besarnya investaai yang Pemerintah berikan, bisa saja jika investasinya besar, akan mendapatkan tax holiday. “Saya beraharap, dalam KEK ini, ada dibangun industry pengolah kelapa, karena sesuai dengan nama daerah ini, Nyiur Melambai, dan ini perlu dicari investornya, selain itu juga, ikan tongkol atau Cakalang berpeluang mengembangkan KEK,” ungkap Darmin.

Usai mengunjungi lokasi KEK Bitung, Darmin didampingi Lomban, mendatangi salah satu pertusahaan pengolah sampah plastic, PT Futai, di Kelurahan Tanjung Merah, Kecamatan Matuari, dilanjutkan meninjau lokasi rencana pengembangan International Hub Port (IHP), di dermaga Terminal Petikemas Bitung. (hzq)