Didampingi Wagub Sulut, Mekumham RI Resmikan Monumen Megawati di Miangas

Topiksulut.com, MIANGAS – Sambangi ujung Utara Republik Indonesia di Kabupaten Kepulauan Miangas,  Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna Laoly, didampingi Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw.

Kunjungan Menkumham RI di tanah porodisa kali ini merupakan bukti dari perhatian Pemerintah Pusat kepada rakyat perbatasan yang ada di pulau Miangas Provinsi Sulut.

Adapun dalam kesempatan tersebut, Menkumham Yasonna Laoly didampingi Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw selain melakukan tatap muka bersama warga kepulauan Miangas, juga melakukan penandatangan prasasti peresmian Monumen Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri yang terlekat tepat menghadap laut Sulawesi Utara. (Kamis 11/04/2019).

Sedangkan dalam tatap muka bersama masyarakat Kepualaun Miangas, Yasonna Laoly mengatakan bahwa selain meresmikan Monumen Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri, tujuan kedatangannya di perbatasan utara Indonesia kali ini yaitu untuk meninjau kondisi pos perbatasan Imigrasi Miangas, dibawah kantor Imigrasi kelas II Tahuna.

Dalam kesempatan itu pula, Menkumham RI atas nama negara menyampaikan apresiasi dan rasa bangga pemerintah pusat atas komitmen masyarakat perbatasan di Miangas yang tetap teguh setia menjaga kedaulatan negara dari teras utara Indonesia ini.

”Menjadi kebanggaan bagi kami, dan tentu ucapan terima kasih mewakili negara harus saya sampaikan kepada bapak dan ibu sekalian sebagai bentuk terima kasih kami atas komitmen masyarakat yang ada disini, yang telah menjaga kedaulatan negara di utara Indonesia kita ini”, ucap Laoly.

Menkumham pun mengatakan bahwa dirinya secara pribadi telah melakukan perjalanan dari ujung Sabang hingga Merauke dan Miangas hingga pulau Rote, dan selama perjalanannya tersebut, Laoly terus mengumandangkan betapa besarnya negara Indonesia ini.

”Seperti amanah Nawacita Presiden RI Joko Widodo selama ini tentang membangun dari daerah pinggiran, saya selalu melakukan perjalan dari ujung ke ujung dengan menyampaikan betapa besarnya negara ini, untuk itu saya sangat bersyukur bisa menginjakkan kaki ditempat ini”, sambungnya.

Laoly pun dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi besar kepada para guru yang telah mengajar para generasi bangsa yang ada di pulau Miangas.

”Saya berikan apresiasi kepada para Guru yang telah dengan sabar dan teguh mengajar anak-anak kita generasi penerus yang ada di Pulau Miangas ini, untuk itu saya akan menyampaikan kepada Bapak Presiden untuk memberikan perhatian khusus bagi guru-guru kita yang ada di pulau Miangas ini, bahkan untuk setiap petugas perbatasan yang ada”, ucapnya.

Dikesempatan yang sama pula, Menkumham Yasonna Laoly telah memberikan bantuan dana untuk dua Gereja dan satu Mushola, masing-masing sebesar Rp. 25 juta.

Untuk itu, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw atas nama Gubernur Olly Dondokambey memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Menkumham RI yang telah datang ke Sulawesi Utara.

”Atas nama Pak Gubernur, kami mengucapkan terima kasih kepada Menkumham RI Bapak Yasonna Laoly atas kunjungannya ke Sulawesi Utara terutama di Kepulauan Miangas ini”, ucap Wagub.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sulut Utara Efendy B. Peranginangin, Kepala Kantor Imigrasi Manado Friece Sumolang, Asisten 1 Setdaprov Sulut Drs. Edison Humiang, Kadis PU Sulut Steve Kepel, Kadis Perhubungan Sulut Lynda Watania, Kepala Dinas Sosial dr. Rinny Tamuntuan, Kepala Biro Pemerintahan Jemmy Kumendong, Kepala Biro Pembangunan Edwin Kindangen, Kepala Biro Perbatasan M. Gagola, Camat kecamatan khusus Miangas, para Tokoh Masyarakat Tokoh dan Tokoh Agama serta masyarakat Pulau Kecamatan Khusus Miangas. (CHRIS)