oleh

Balitbang Hadirkan Doktor Ronny dan Grace Kaji Potensi Unggulan Mitra 

TopikSulut.COM-RATAHAN-Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Minahasa Tenggara (Mitra), menghadirkan dua doktor Unsrat untuk melakukan kajian aktual awal, dalam rangka mencari potensi dan unggulan Mitra ke depan.

Dua ahli yang dihadirkan, yakni DR Ronny Soputan dan DR Ir Grace Rumagit MSi.

Menurut DR Grace, kehadirannya dan DR Ronny, mengkaji hal-hal yang menjadi potensi kabupaten yang di pimpin Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati Drs Joke Legi.

“Jadi hari ini kami melakukan sidang tim pengendali mutu kelitbangan, terkait dengan kajian bidang pengembangan fisik dan prasarana, dengan judul pengembangan wilayah menggunakam pendekatan sektoral dan regional. Jadi melalui kajian ini, kita akan mengetahui sektor-sektor mana yang menjadi andalan atau sektor unggulan dari Mitra,” ujar Rumagit, usai kegiatan, akhir pekan lalu, di Kantor Balitbang, kawasan pekantoran Blok B, Ratahan.

Dosen S1 Fakultas Pertanian dan S2 Unsrat ini, menambahkan, kalau dulu kajiannya hanya 9 sektor, tapi 2019 ini sudah menembus 17 sektor.

“Untuk itu perlu ada kajian lagi untuk melihat sektor-sektor mana yang menjadi unggulan di Mitra,” terang Dr Grace.

Hal yang sama juga dikatakan DR Ronny.

Menurutnya, dari kajian ini, paling tidak akan menjadi rekomendasi pada saat penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan (Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Sidang ini untuk mengkaji hal-hal yang yang menjadi andalan dan unggulan di daerah kita ini. Artinya, tim mengaji apa yang belum ada di Mitra tapi memiliki hal strategis untuk dikembangkan. Yang sudah ada kita kaji apa masih relevan dengan kondisi Mitra atau tidak. Tentunya yang sudah baik kita kaji untuk dilanjutkan. Maka rumusan tim dalam sidang ini sangatlah penting,” tandas staf khusus Bupati Mitra yang dikenal tokoh masyarakat Mitra ini.

Sementara itu, Kepala Balitbang Mitra Ir Telly Powa ME, mengatakan, pihaknya sengaja menggelar sidang tim pengkaji guna memenuhi target Pemkab Mitra untuk menggali potensi dan unggulan Mitra untuk bisa mensejahterakan masyarakat.

“Kita akan berupaya mendalami apa saja kelebihan daerah ini untuk kita fokuskan dan menjadi sebuah program strategis pemerintah daerah. Dari hasil ini kita masukkan dalam perencanaan ke depan. Dan untuk itu kita hadirkan tim pakarnya,” pungkas Powa yang didampingi Kepala Sub Bidang Pengembangan Wilayah Fisik dan Prasarana, Balitbang Mitra, Hendra Mukuan SSi MSi. (Reagen)

News Feed