oleh

Luar Biasa! Bupati James Sumendap Berhasil Tekan Angka Kemiskinan Mitra 

TOPIKSULUT.COM, MITRA – LUAR BIASA, Kata ini tepat diberikan pada sosok kepemimpinan Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH (JS). Mengapa? Karena JS, berhasil menekan angka kemiskinan di Mitra.

Dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut yang dikirim ke Badan Perencanaan Pembangunam Daerah (Bappeda) Mitra, tercatat pada Tahun 2013, sebelum Sumendap memimpin, angka kemiskinan berada di 16,10 persen. Namun, saat BPS merilis pada tahun 2017 silam, angkanya sudah berada di poin 14, 71 persen.

Hal ini menunjukkan, terjadi penurunan yang sangat drastis.

Menurut, Kepala Bappeda Mitra DR Grace Oroh, yang disampaikan salah satu staf, angka ini belum menunjukkan angka di tahun 2017 dan 2018.

“Jadi angka 14,71 persen ini, masih sampai pada Tahun 2016 yang kami terima pada Tahun 2017 lalu. Untuk penilaian 2017, 2018 dan 2019 belum ada, dan belum dirilis oleh BPS. Kami sangat yakin angka kemiskinan akan semakin turun saat nanti BPS akan merilisnta. Dengan berbagai langkah dan terobosan yang dilakukan Pak Bupati James Sumendap dalam semua bidang, pasti angka kemiskinan akan turun jauh,” ujar Oroh, melalu seorang staf, di ruangan kerjanya.

Komitmen menekan angka kemiskinan, memang dalam banyak kesempatan, Bupati JS, selalu menyatakan, dia dan jajaran Pemkab Mitra akan selalu melalukan berbagai langkah untuk mengurangi angka kemiskinan ini.

Dia juga menantang pihak BPS untuk melakukan penilaian yang komprehensif, agar data rill tentang kemiskinan di Mitra akan diketahui dengan pasti dan jelas.

Sekedar diketahui, JS saat ini terus memacu perekonomian di Mitra melalui dinas terkait.

Pihak instansi teknis pun digenjot untuk menekan angka pengangguran. Berbagai langkah antisipasi terus dilakukan, agar semakin terserap tenaga kerja di Mitra, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Belum lagi berbagai bantuan sosial di Dinas Sosial Mitra.

Bupati juga memerintahkan dinas sosial untuk cepat melakukan langkah untuk menginfentarisir masyarakat miskin, untuk bisa dibantu dan dirangsang dengan berbagai bantuan, agar bisa hidup layak.

Hal ini juga diakui Kepala Dinsos Mitra Franky Wowor SSos. Menurutnya, bupati sangat merindukan, semua masyarakat di Mitra tak ada lagi yang masuk kategori miskin.

“Ke depan Pemkab Mitra atas arahan pak bupati, kita akan tekan terus angka kemiskinan, sampai nol sekalipun. Untuk itu berbagai terobosan kita lakukan. Bukan saja dari sisi bantuan secara natura, tapi yang penting mendorong keluarga untuk bisa bekerja memanfaatkan lahan pertanian, perkebunan, dan potensi atau skil dibidang pertukangan, usaha kecil dan menengah, agar ekonomi keluarga akan tumbuh. Pendidikan kita dorong, dengan tetap memberikan rangsangan bantuan beasiswa pada yang akan mengakhiri studi,” jelas Wowor.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terbilang tinggi di Sulut, Wowor juga mengaku ini menjadi usaha keras Bupati James.

“IPM kita masuk 3 besar di Sulut, ini memberikan indikasi baik buat menjadi dasar untuk menekan kemiskinan kita. Berarti kita semakin kecil angka kemiskinan di Mitra. Ini memang menjadi target Pak Bupati James Sumendap,” terang Wowor.

Sekedar di ketahui, pada beberapa waktu yang lalu, Bupati Sumendap, sempat turun menyisir suluruh desa yang ada di Mitra. Dalam kunjunga kerja kali ini, JS memboyong seluruh pejabat.

Terlihat, JS langsung memantau kondisi masyarakat Mitra. Bupati dua periode pilihan rakyat Mitra ini, terlihat berdialog akrab dengan warga. JS terlihat ingin mengetahui lebih dalam kondisi masyarakat, apakah sudah memenuhi kelayakan hidup, atau masih ada yang perlu diberikan bantuan untuk menekan kemiskinan masyarakat Mitra. (Advetorial).

News Feed