oleh

Hadiri Lokakarya Pengelolaan TNBNW, Duta Yaki Khouny Rawung Sampaikan Ini

TopikSulut,Bitung- Duta Yaki Indonesia,  Dra Khouny Lomban Rawung, MSi mengatakan, keberadaan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) yang ada di Bolmong, merupakan sebuah berkat, yang harus dikelola dengan baik.

Hal itu dikatakan Rawung saat menghadiri lokakarya Pengelolaan dan Pendanaan Berkelanjutan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, Senin (8/7) di hotel Novotel Manado. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan oleh Kemetrian Lingkungan Hidup dan dibuka oleh Dr Nur Hygiawati Rahayu, ST  MSc, selaku direktur Kehutanan dan Konservaasi Sumber Daya Air, Kementrian Lingkungan Hidup.

Pada kesempatan tersebut Rawung selaku Duta Yaki juga mengatakan, penyelamatan, pengawetan dan pemanfaatan harus dilakukan berkelanjutan, karena hal ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi berbasis konservasi.

” Peningkatan kapasitas SDM juga sangat penting terutama menyangkut kualitas dan kuantitas pengelola hutan masih kurang, jika dibandingkan dengan Taman Nasional Tangkoko,” kata Rawung. Istri tercinta Walikota Bitung, Max Lomban ini mengatakan, kewenangan pengelolaan juga harus ada keharmonisan, karena selama ini menjadi kewenangan pemerintah pusat, sementara lokasi taman nasional ada di daerah, yakni Provinsi dan Kabupaten Kota.

“Sebaiknya ada keharmonisan dalam kewenangan pengelolaan kawasan konservasi, apa lagi di Sulut ada beberapa lokasi diantaranya, kawasan hutan lindung Tangkoko, Batu Angus di Bitung, gunung Tumpa di Manado dan lainnya,” tukasnya. (hzq)

News Feed