Dukung Program OD-SK, Disbun Sulut Gelar Pelatihan Untuk Petani dan Agribisnis

Topiksulut.com, PEMERINTAHAN –Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah komando Gubernur Olly Dondokambey menyadari pentingnya peranan sektor pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini sesuai dengan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) di Sulut.

Untuk itu, Dinas Perkebunan Sulut menggelar kegiatan pelatihan petani dan pelaku agribisnis di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Selasa (9/7/2019).

Adapun pelatihan yang dilaksanakan sejak tanggal 25 Juni 2019 ini berlangsung di Kabupaten Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow Timur, Minahasa Selatan dan akan berakhir di Kabupaten Minahasa.

Diketahui, petani adalah pelaku utama penggerak pertanian yang bersifat profesional dan independen, dalam menjalankan roda perekeonomian berbasis agribisnis di tingkat kecamatan. Sedangkan pelaku usaha sebagai pelaku agribisnis, hanya membantu petani dalam memasarkan hasil-hasil produksi pertanian yang bersifat profitable.

Baca juga:  Bupati CEP Serahkan Sertifikat Tanah Hibah Ke Kodim 1302

Oleh karena itu, pelatihan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kapasitas petani sebagai pelaku utama dalam penerapan teknologi pertanian agar mampu tumbuh dan berkembang mendukung pembangunan pertanian masa depan serta meningkatkan kapasitas pelaku agribisnis dalam memasarkan hasil-hasil pertanian agar dapat mendukung peningkatan perekonomian lokal. (CHRIS)